Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Taiwan

id Perolehan suara jokowi,Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Taiwan Fadlillah Ahdiya,Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pe

Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Taiwan

Foto Dok - Relawan bersama WNI di Taipei, Taiwan, menyelenggarakan acara Deklarasi Akbar, mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Taipei Main Stasiun, Taiwan. (Foto: ANTARA/Istimewa)

Beijing (ANTARA) - Perolehan suara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengungguli pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam pemilihan presiden yang diikuti warga negara Indonesia di Taiwan.

Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Taiwan Fadlillah Ahdiyat dalam keterangan tertulis kepada ANTARA di Beijing, Rabu, menyebutkan pasangan nomor urut 01 itu meraih 72.726 suara atau sekitar 86,4 persen dari 86.208 pemilih.

Sedangkan pasangan nomor urut 02 meraih 11.412 atau 13,6 persen dari WNI di Taiwan, baik yang memilih secara langsung di TPS pada Minggu (14/4), kotak suara keliling, maupun melalui pos surat.

Surat suara tidak sah sebanyak 2.070 lembar atau sekitar 2,4 persen.

Ahdiat mengemukakan bahwa pemungutan suara di Taiwan pada 14 April 2019 turut ditinjau oleh Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, khususnya pada wilayah sekitar Taipei, yakni di KDEI Taipei, Masjid Agung Taipei, dan Stasiun Taipei.

Fritz Edward mengapresiasi keseluruhan proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Taiwan yang berjalan nisbi kondusif.

Walaupun ada beberapa kendala terkait panjangnya antrean daftar pemilih khusus (DPK), pada akhirnya mayoritas pemilih DPK yang mengantre dapat terlayani sesuai dengan aturan yang berlaku.

Fenomena membeludaknya pemilih DPK juga terjadi di beberapa negara dengan pemilih DPT yang banyak.

Pemilu di Taiwan kali ini dihadiri juga oleh Tim Satgas Asistensi dan Monitoring Luar Negeri yang dipimpin oleh Kombes Pol Djoko Prihadi yang bertugas untuk mengamankan dan mengawal persiapan, pelaksanaan, dan penghitungan surat suara Pemilu 2019.

Penghitungan surat suara dilakukan secara terbuka di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI Taipei) mulai Rabu (17/4).