Pelunasan BPIH tahap kedua dibuka kembali

id Kemenag Bandarlampung

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bandarlampung, Saraden Nihan (Antara.lampung.com/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung, kembali membuka pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji  (BPIH) jamaah calon haji (JCH) tahap kedua pada 30 April hingga 15 Mei 2019.

Kepala Kantor Kemenag Bandarlampung Saraden Nihan di Bandarlampung, Selasa, mengatakan, sebanyak 1.679 JCH di kota ini yang sudah melunasi BPIH  dari 1.840 CJH yang terdaftar.

"Mereka rata-rata telah membayar Rp25 juta dari BPIH sebesar Rp34 juta maka dari itu kami membuka tahap kedua untuk CJH yang belum melakukan pelunasan," ujar dia.

Menurutnya, masih adanya sejumlah CJH yang tidak melunasi BPIH  karena beberapa faktor seperti mengundur keberangkatan, kondisi kesehatan dan kondisi keuangan serta faktor lainnya.

"Apabila dari 161 CJH tersebut tidak melakukan pelunasan untuk memenuhi kuota yang maka kami akan mengambil beberapa langkah untuk memenuhi kuota," kata dia.

Ia menjelaskan langkah yang akan diambil yakni dengan penggabungan suami istri yang terpisah ataupun penggabungan anak dan orang tua yang terpisah serta mengambil dari usia lanjut atau diisi CJH yang sudah pernah menjalani ibadah haji.

Mereka yang belum melakukan pelunasan dipastikan tidak akan berangkat pada tahun ini, kata dia, kecuali mereka yang sudah melunasi namun tidak berangkat CJH tersebut akan diberi waktu hingga dua tahun untuk melakukan ibadah haji.

"CJH yang tidak melakukan pelunasan belum bisa berangkat tahun ini dan akan digantikan dengan calon jamaah lainnya, sedangkan mereka yang telah lunas namun tidak berangkat akan kami tunggu hingga dua tahun untuk berangkat lebih dari itu akan dianggap hangus," kata dia.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar