Pertamina akan beli Airbus hingga taksi listrik di Indonesia

id Pertamina,taksi listrik,blue bird,holding perbankan

Sebuah pesawat kargo Airbus terbang di atas Toulouse, Prancis, Rabu (20/3/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Regis Duvignau/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Kemarin ada beberapa berita ekonomi yang paling menarik mulai dari rencana Pertamina akan membeli pesawat Airbus A400 hingga taksi listrik mulai mengaspal di Indonesia. Berikut tujuh info ekonomi paling menarik kemarin, yang masih sangat penting untuk disimak.



1. Pertamina akan membeli Airbus A400 untuk Pelita Air Service



Kementerian BUMN mengungkapkan bahwa Pertamina bersama konsorsium akan membeli pesawat Airbus A400 untuk Pelita Air Service.



Rencananya pesawat itu akan digunakan untuk mendukung bisnis kargo Pelita. Untuk detail berita lebih lanjut lihat di sini



2. Holding Perbankan akan tetap dibentuk tahun ini



Selain mengungkapkan rencana pembelian Airbus A400 oleh Pertamina, Kementerian BUMN juga menyatakan bahwa holding perbankan akan tetap dibentuk pada tahun ini.



Selain bank-bank Himbara dan BUMN-BUMN keuangan non-bank, perusahaan fintech Finarya yang mengelola LinkAja juga akan dimasukkan dalam holding Perbankan.



detail berita lebih lanjut lihat di sini



3. Taksi listrik mulai mengaspal di Indonesia



PT Blue Bird Tbk meluncurkan mobil bertenaga listrik sebagai armada terbaru untuk layanan Bluebird dan Silverbird.



Rencananya armada taksi listrik tersebut mulai beroperasi pada Mei 2019. detail berita lebih lanjut lihat di sini.



4. Pemerintah pastikan Perpres kendaraan listrik segera terbit



Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai kendaraan listrik akan segera rampung.



Hal itu disampaikannya saat menghadiri peluncuran armada taksi listrik oleh Blue Bird.



Detail berita lebih lanjut lihat di sini



5. Sulawesi Utara jadi bintang baru pariwisata Indonesia



Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi bintang baru pariwisata Indonesia setelah sukses mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600 persen dalam empat tahun terakhir.



Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pariwisata Sulawesi Utara khususnya Kota Manado mengalami pertumbuhan tertinggi.



Detail berita lebih lanjut lihat di sini



6. Defisit APBN pada kuartal I 2019 capai 0,63 persen



Kementerian Keuangan mencatat defisit APBN hingga 31 Maret 2019 mencapai Rp102 triliun atau 0,63 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).



Defisit anggaran kuartal I 2019 itu meningkat tipis dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu yang sebesar 0,58 persen dari PDB.



Detail berita lebih lanjut lihat di sini



7. Ada pencoblosan ulang, Kemenkeu: Anggaran KPU masih cukup



Kementerian Keuangan mengatakan jika terjadi pencoblosan ulang di beberapa Tempat Pemungutan Suara dalam Pemilu 2019, anggaran yang sudah dialokasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih mencukupi sehingga belum perlu ada penambahan pagu atau postur belanja.



"Dan jika misalnya ada Pemilu ulang di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu tidak akan banyak dampak perubahannya. Saya lihat itu masih cukup dari pagu (belanja) KPU," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.



Detail berita lebih lanjut lihat di sini

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar