Dua kapal feri bersenggolan di perairan Pelabuhan Merak

id Pelabuhan merak banten, asdp

KMP Windu Karsa Dwitiya yang rusak akibat bersenggolan dengan KMP Virgo 18. (Istimewa)

Sukadana, Lampung Timur (ANTARA) - Dua kapal feri bersenggolan di perairan Pelabuhan Merak, Banten pada Senin (22/4) kemarin sore,  sekitar pukul 16.30 WIB. Akibat senggolan itu,  kedua kapal mengalami kerusakan, dan sejumlah penumpang luka-luka serta satu Anak Buah Kapal (ABK) dilaporkan hilang di laut dan belum ditemukan sampai dengan hari ini.

Koordinator SAR PT ASDP Pelabuhan Merak, Banten Radmiadi, dihubungi dari Lampung Timur, Selasa (23/4) pagi menyebutkan kapal feri yang bersenggolan tersebut yakni KMP Windu Karsa Dwitiya dengan KMP Virgo 18.

KMP Windu Karsa Dwitiya tujuan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, dan KMP Virgo 18 tujuan Pelabuhan Merak, Banten.

"Kejadianya KMP Windu Karsa Dwitiya mau lepas dari Dermaga 1 Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 16.16 WIB , setelah kapal Windu Karsa Dwitiya keluar dari break water,  sekitar 1, 5 mil dari break bater, kapal bersenggolan dengan KMP Virgo 18 yang dari arah Pelabuhan Bakauheni," kata Radmiadi.

Akibat senggolan itu, sejumlah penumpang KM Windu Karsa Dwitiya terluka dan satu awak kapalnya jatuh ke laut.

"Beberapa penumpang luka, akibat benturan, satu awak kapal hilang karena jatuh ke laut, karena awak kapal ini bergelantungan saat kapal bertubrukan," ujarnya.

Sementara, KMP Windu Karsa Dwitiya mengalami kerusakan pada bagian haluan depan dan anjungan sebelah kanan,  dan KMP Virgo 18 rusak pada bagian buritan sebelah kiri

Radmiadi mengatakan, tim SAR yang menerima laporan kejadian itu, tim  langsung bergerak melakukan pertolongan.

"Begitu dapat info ada tubrukan, kita bergerak melakukan pertolongan dan pencarian," jelasnya.

Setelah kejadian, korban yang luka dibawa ke rumah sakit, kedua kapal disandarkan di Pelabuhan Merak, penumpang diturunkan dan dibongkar muatannya, selanjutnya kapal dipindahkan guna menjalani pemeriksaan,

Sementara tim SAR gabungan saat ini masih melakukan pencarian terhadap ABK KMP Windu Karsa Dwitiya yang hilang yang diketahui bernama Rindang Roch Basuki.


 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar