Harga bawang naik

id harga bawang,Bandarlampung,naik

Pedagang bawang merah di Pasar Pasir Gintung Kota Bandarlampung sedang menjalankan kegiatan jual beli. (FOTO ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pedagang di pasar tradisional Bandarlampung, Provinsi Lampung mengatakan harga bawang merah maupun bawang Putih mengalami kenaikan, yakni menjadi Rp38 ribu per kilogram untuk bawang merah dan Rp45 ribu per kilogram bawang putih.

"Pada pekan lalu harga bawang merah Rp35 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp30 ribu per kilogram," kata Yuda, salah satu pedagang di Pasar Pasir Gintung,,Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa kenaikan tersebut dipicu oleh stok komoditas tersebut sedang susah didapatkan dari para petani di Brebes, Jateng, sehingga yang tersedia saat ini bawang Brebes yang berasal dari Padang, itu pun stoknya tidak banyak.

Sedangkan untuk bawang putih stok barang di berbagai gudang sedang mengalami kekosongan sehingga harganya melonjak.

"Kalau bawang Brebes dari Padang masih sedikit lancar pasokannya, tapi yang asli  dari Brebes lagi kosong, sedangkan untuk bawang putih memang lagi kosong banget," kata dia.

Sementara di tingkat pedagang eceran harga kedua komoditas tersebut telah mencapai Rp42 ribu per kilogram untuk bawang merah dan Rp48 ribu per kilogram bawang putih.

Heru salah satu pedagang Pasar Panjang Bandarlampung mengatakan kenaikan ini sudah terjadi beberapa pekan dengan bertahap sebelum mencapai harga yang sekarang.

"Bawang merah saya jual berkisar Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram. Pekan lalu saya jual Rp35 ribu per kilogram dan bawang putih saya jual Rp45 ribu hingga Rp48 ribu per kilogramnya, padahal pekan lalu saya bisa jual Rp24 ribu per kilogram," kata dia.



 
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar