Harga karet di OKU meningkat jadi Rp9.500/Kg

id Harga karet di OKU naik Rp9.500/Kg

Teks Foto : Kenaikan harga karet di Kabupaten OKU membuat petani bergairah kembali menyadap pohon karet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) -  Harga getah karet di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengalami peningkatan saat ini mencapai Rp9.500 per kilogram atau naik dari harga sebelumnya pada kisaran Rp8.900 per kilogram.

"Harga jual getah karet bulanan saat ini bergerak naik diangka Rp9.500/Kg dari sebelumnya Rp8.900/Kg," kata salah seorang petani karet Kecamatan Peninjauan, Ogan Komering Ulu (OKU), Novi di Baturaja di Baturaja, Senin.

Menurut dia, kenaikan harga getah karet  sejak beberapa hari terakhir juga terjadi pada getah karet mingguan yang saat ini dijual petani di tingkat agen pengepul di wilayah setempat seharga Rp7.800/Kg.

"Sebelumnya harga getah karet mingguan hanya kisaran Rp7.300 per kilogram. Sedangkan untuk getah karet setengah bulan saat ini dipatok petani dengan harga mencapai Rp8.900 per kilogram naik dari harga sebelumnya yang hanya kisaran Rp8.400 kilogram.

Ia mengatakan semua jenis getah karet sekarang ini harganya naik kisaran antara Rp500 per kilogram hingga Rp600 per kilogram," kata Sunandar petani karet lainnya di Kecamatan Sinar Peninjauan OKU menambahkan.

Menurut Sunandar, peningkatan harga tersebut sangat membantu perekonomian para petani guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dari hasil menjual produksi karet.

Sebab kata dia, selain terjadi peningkatan harga produksi getah yang dihasilkan dari menyadap pohon karet saat ini juga bertambah banyak dari sebelumnya.

"Cuaca normal seperti sekarang ini getah yang kami dapat dari menyadap karet lebih banyak sekitar 20-25 Kg dibandingkan saat musim kemarau lalu," kata dia.***1***
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar