Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya

id Pemilu, Pilpres, Pemilu 2019 di Lampung

Petugas mempersiapkan berkas-berkas terkait Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di TPS 25 RS Imanuel Bandarlampung, Rabu. (Antaralampung.com/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (ANTARA) - Warga Kota Bandarlampung antusias menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) lebih awal agar bisa segera mencoblos di bilik suara, kemudian melanjutkan kegiatannya yang lain.

Berdasarkan pantauan di TPS 25 di RS Imanuel Bandarlampung, Rabu, puluhan warga sudah datang sebelum pukul 07.00 WIB, meski proses pemilihan baru digelar mulai pukul 07.00 WIB.

Selain warga yang menggunakan hak pilihnya dan terdaftar di DPT, petugas dan para saksi dari parpol juga sudah datang lebih awal.

Sejumlah warga atau keluarga pasien yang tidak terdaftar di DPT juga datang pada pagi dengan membawa identitas seperti KTP-Elektronik, dan kepada mereka disampaikan petugas bahwa penggunaan hak pilihnya dimulai pukul 12.00- 13.00 WIB.

Di berbagai TPS lainnya, pelaksanaan pemilu juga berlangsung tertib dan antusiasme warga cukup tinggi untuk menyalurkan suaranya, seperti di TPS 21.
 
Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 21 Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandarlampung Muhammad Umar mengatakan bahwa jumlah pemilih di TPS itu sebanyak 292 orang .

"Di sini jumlah pemilihnya mencapai 292 dengan rincian laki-laki 143 orang dan perempuan 149 orang," katanya.
  
Menurutnya, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Kota Bandarlampung khususnya di TPS 21 berjumlah 292 orang dengan rincian laki-laki 143 orang, perempuan 149 orang, peserta disabilitas tuna rungu atau wicara 1 orang, tuna grahita 1 orang dan disabilitas lainnya 4 orang. 

Sementara itu, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 039 Desa Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 220 orang, terbagi 108 laki-laki dan 112 perempuan. 

"Di TPS 039 ini ada 6 RT. Bagi masyarakat  yang ingin menyalurkaan hak suaranya bisa pada pukul 07.00 - 13.00 wiB,” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Ahmad Patoni, di Hajimena Lampung Selatan, Rabu

Menurutnya, keenam RT yaitu, RT 06 Dusun VII Sidorejo, RT 05 Dusun VI Puri sejahtera, RT 19 Dusun I Hajimena, RT 07 Dusun VI Puri Sejahtera, RT 01 Dusu III Hajimena, RT 02 Dusun III Hajimena dan RT 17 Dusun III Sinarmulya. 

Selain itu, masyarakat untuk bisa menyalurkan hak suaranya harus sesuai dengan tempat TPS dan alamatnya. 

Antusiasme masyarakat ikut Pemilu 2019 ini  sangat tinggi. Selain pemilihan presiden dan wakil presiden, juga untuk pemilihan Anggota DPD RI,  DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. 

"Banyak sekali yang datang dan antusias. Semoga pesta demokrasi tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan damai ," katanya 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mencatat jumlah DPT Pemilu 2019 di Provinsi Lampung sebanyak 6.074.137, yang terdiri atas 3.101.750 pemilih laki-laki dan 2.972.387 pemilih perempuan.

Pemilu 2019 digelar untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar