Murid sekolah sepak bola asal Indonesia di Spanyol ikut nyoblos

id Pilpres

Murid sekolah sepak bola asal Indonesia di Spanyol ikut nyoblos

Sebanyak 11 siswa sekolah sepak bola asal Indonesia yang sedang menimba ilmu persepakbolaan di Negeri Matador, Spanyol, rela menempuh perjalanan tidak kurang dari 3 jam dengan kereta api demi memberikan suara di KBRI Madrid, Minggu (14/4/2019). (Foto: ANTARA/Ist)

London (ANTARA) - Ada yang unik dari pelaksanaan Pemilu 2019 di Madrid, Spanyol pada hari Minggu (14/4), ketika sebanyak 11 siswa sekolah sepak bola asal Indonesia yang sedang menimba ilmu persepakbolaan di Negeri Matador ini, rela menempuh perjalanan tidak kurang dari 3 jam dengan kereta api demi memberikan suara di KBRI Madrid.

Pejabat Pensosbud KBRI Madrid, Mahadi Surya kepada Antara London, Minggu, mengatakan sebanyak 11 pesepak bola muda Indonesia tersebut berasal dari 3 sekolah sepak bola di Palencia, Leganes, dan Arandio. Meski lebih dari 20 pesepak bola Indonesia sedang berlatih di Spanyol, namun sebagian lainnya belum memiliki hak pilih.

Total 333 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Madrid, hadir sebanyak 248 pemilih. Berarti tingkat partisipasi TPSLN Madrid mencapai 74 persen.

Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Spanyol ini berjalan lancar, dan antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak suara terlihat cukup tinggi. Hal ini terlihat dari kekompakan warga dengan datang bersama-sama.

Berdasarkan waktu kunjungan, lebih banyak warga yang hadir di sore hari yang bisa jadi karena mereka sibuk dengan agenda masing-masing di pagi hari.

Hari pencoblosan itu pun dimanfaatkan sebagai ajang temu kangen dan berbagi cerita secara santai dan akrab sambil menikmati cemilan tradisional Indonesia berupa pastel dan kue lapis yang disediakan panitia. Bahkan ada juga yang ke restoran Indonesia, Sabor Nusantara, untuk menikmati masakan khas Tanah Air.

Penghitungan suara hasil Pemilu 2019 di Spanyol, baik yang melalui TPSLN maupun pos, akan dilakukan pada 17 April mendatang pada pukul satu siang waktu setempat, bersamaan dengan akhir waktu pencoblosan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia.