Survei Rakata Institute: Jokowi-Amin Unggul di Lampung

id Rakata, survey, pilpres

Direktur Rakata Institute Eko Kuswanto saat menjelaskan prediksi persentase hasil Pemilu 2019. (Foto: Damiri/Antaralampung.com)

Bandarlampung (ANTARA) - Hasil survei Rakata Institute mengungkapkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di wilayah Provinsi Lampung dibandingkan dengan paslon 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Pilpres ini sangat berkaitan dengan pemilihan umum dimana partai-partai pendukung Paslon 01 relatif unggul di daerah pemilihan baik Lampung I maupun Lampung II, secara umum dengan persentase 52,3 persen untuk Paslon 01 dan 47,7 persen untuk Paslon 02," kata Direktur Rakata Institute Eko Kuswanto, di Bandarlampung, Jumat.

Menurut Eko, faktor nomor urut 02 juga sangat efektif, hanya saja ada beberapa wilayah Lampung I dan Lampung II bahwa Paslon 02 agak terjadi kurang kompetitif pada persaingan partai politik pendukungnya.

Selain itu, pada segmen pemilih pilpres di Lampung tahun 2019 ini, juga tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan pilpres lima tahun lalu.

"Secara tokoh mereka berdua sama-sama sudah dikenal. Menurut saya seimbang, tapi hanya basis pemilihnya itu-itu saja dan tidak berubah," kata dia lagi.

Dia menambahkan secara visi misi kedua paslon, hal itu tidak membuat perubahan yang cukup besar.

Menurutnya lagi, visi misi yang diucapkan kedua paslon relatif, karena keduanya sudah pasti akan melakukan hal terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Visi misi saya lihat tidak begitu pengaruh, karena kedua paslon sudah pasti akan memberikan yang terbaik," katanya pula.

Rakata Institute bekerjasama dengan Lembaga Survei Kuadran dan Unit Riset dan Publikasi Ilmiah (URPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung akan menggelar hitung cepat (Quick Count) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Provinsi Lampung pada 17 April 2019 mendatang.

Hitung cepat yang dilakukan Rakata Institute akan didukung penuh oleh UIN Raden Intan Lampung dan Asosiasi Lembaga Survei dan Hitung Cepat Indonesia (ALSHCI).

Hitung cepat tersebut dilakukan melalui dua metode, yakni stratified random sampling dan multistage random sampling. Metode Stratified Random Sampling digunakan untuk membaca hasil Pileg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi di delapan dapil.

Sedangkan Metode Multistage Random Sampling akan digunakan untuk membaca perolehan suara pilpres, DPD RI, DPR RI, Dapil Lampung I dan DPR RI Dapil Lampung II.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar