Loket Dukung Pariwisata Lampung

id loket, dukung pariwisata lampung, ekonomi

Loket Dukung Pariwisata Lampung

Anak-anak tengah berenang di pantai pesisir Lampung (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Pada 2017, Lampung menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu dari tiga sektor prioritas Pemerintah Provinsi dalam meningkatkan perekonomian
Bandarlampung (ANTARA) - Loket perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia, mendukung Lampung menjadikan pariwisata sektor unggulan.

"Pada 2017, Lampung menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu dari tiga sektor prioritas Pemerintah Provinsi dalam meningkatkan perekonomian," kata VP Consumer Solutions Loket, Rama Adrian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan,  pesatnya pertumbuhan event-event besar turut berkontribusi dalam mendongkrak jumlah wisatawan, baik asing maupun lokal.

Menurutnya, selain event-event besar yang mampu menghadirkan "multiplier effect" ekonomi, loket menganalisa bahwa event berskala kecil dapat turut berkolaborasi dengan memanfaatkan peranan teknologi dalam pengelolaan event

"Saat ini pertumbuhan event berskala kecil dan menengah masih rendah," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, Loket hadir di Lampung untuk berkolaborasi dengan para insan kreatif daerah setempat untuk mengelola event secara mandiri melalui platform unggulannya, yakni Loket.com.

Tujuannya tak lain agar para komunitas ini dapat menjadi event kreator lokal yang mampu mendukung industri kreatif dan pariwisata di Lampung. 

Rama Adrian mengungkapkan pesona dan potensi pariwisata yang dimiliki Lampung adalah sebuah peluang yang harus dimanfaatkan oleh para insan kreatif, baik komunitas maupun individu untuk membuat event-event berkualitas guna menarik lebih banyak pengunjung dan meramaikan pariwisata Lampung. 

"Lampung memiliki julukan sebagai The Treasure of Sumatera dimana hal ini juga menjelaskan  besarnya potensi Lampung di industri pariwisata," jelasnya.

Potensi tersebut menurutnya, dapat dikatakan sebagai pintu gerbang yang sangat baik bagi penyelenggaraan event. 

Rama menjelaskaj, penyelenggaraan event memiliki dampak berantai terhadap roda perekonomian. Salah satunya dapat terlihat dari jumlah pengunjung yang hadir dimana tidak hanya pengunjung dari lokal tetapi juga daerah lain. 

Kemudian, tumbuhnya sektor ekonomi dari sisi akomodasi, makanan dan minuman serta suvenir resmi yang dijual dalam penyelenggaraan event-event tertentu. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan pariwisata Lampung tercatat tertinggi kedua secara nasional setelah Sumatera Utara. 

Dari data yang sama tercatat bahwa industri pariwisata Lampung tumbuh 58 persen dengan total wisatawan mancanegara tahun 2017 mencapai 245.372 orang.