Kpu waykanan gelar simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara

id Waykanan

Kpu waykanan gelar simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara

Petugas KPU Waykanan sedang melakukan simulasi pemilihan dan pemungutan surat suara di lapangan sepak bola Umpu Bakti Kecamatan Blambangan Umpu KabupatElen Waykanan (Foto : Antatalampung/Humas KPU Waykanan)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan, Provinsi Lampung menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara. di Lapangan Sepak Bola Umpu Bhakti, Kecamatan Blambangan Umpu, kabupaten Waykanan.

“Simulasi ini dilakukan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang, dan agar masyarakat mengetahui tata cara pencoblosan,” Kata Komisioner KPU Waykanan Refki Dharmawan, di Blambangan Umpu. Kamis 

Menurutnya, kegiatan ini dihadiri oleh warga ,Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan.

Selain itu, dari simulasi ini warga sangat antusias, karena ini menjadi sejarah pemilu berbarengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden. 

“Karena kertas suara banyak ada 5 macam, jadi masyarakat harus bisa memahami dari masing-masingnya. Dengan simulasi inilah bisa memberikan pengertian kepada masyarakat tentang arti dari warna tersebut,” katanya 

Ia menjelaskan, sejumlah masyarakat memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh pihak penyelenggara soal tata cara pemungutan suara.

Pihak penyelenggara pun menjelaskan tata urutan persiapan penyelenggaraan pemilu, mulai dari pengambilan kotak suara di kantor sekretariat RW sampai pengecekan jumlah surat suara yang diletakkan di dalam kotak suara.

Kemudian, sesaat sebelum menyelenggarakan pemilu, setiap petugas KPPS diwajibkan mengucap sumpah terlebih dahulu. 

“Parga diarahkan menuju bilik pencoblosan. Setelah mencoblos mereka akan diarahkan menuju kotak pengumpulan surat suara,” ungkapnya