Gubernur Lampung Buka Musrenbang Provinsi Lampung

id Musrenbang, provinsi Lampung, gubernur Ridho

Gubernur Lampung Buka Musrenbang Provinsi Lampung

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo Pada Acara Musrenbang Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Selasa. (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Musrenbang tersebut digelar dalam rangka menyusun RKPD tahun 2020, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Lampung 2019. 

"Musrenbang tersebut digelar dalam rangka menyusun RKPD tahun 2020," kata Ridho, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyatakan ada dua tugas utama kepala daerah dalam menentukan kebijakan fiskal, yakni memastikan dan mengendalikan APBD dan APBD Perubahan agar sesuai dengan arah pembangunan, dan dimanfaatkan dengan tepat.

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita saat ini Rp3,4 triliun per tahun, Pendapatan Samsat sekitar Rp7 miliar per hari. Dengan pendapatan sebesar ini artinya dibutuhkan kebijakan fiskal yang tepat. Makanya biasanya untuk OPD yang anggarannya besar saya selalu cek satu-persatu," ujar Ridho. 

Gubernur juga mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota untuk memprioritaskan anggaran pada apa yang menjadi kebutuhan pembangunan di daerahnya masing-masing.

"Apa yang menjadi prioritas daerah itu menjadi hal yang paling penting untuk diutamakan dalam anggaran pembangunan. Seperti halnya dengan Pemerintah Provinsi Lampung yang menganggarkan 50 persen anggarannya pada Dinas Bina Marga untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan. Karena memang hal tersebut yang paling dibutuhkan masyarakat," ungkap Ridho

Selain hal tersebut, Gubernur termuda lulusan Lemhanas ini juga memaparkan berbagai capaian pembangunan Provinsi Lampung, termasuk di antaranya berbagai capaian pembangunan dari hasil kerja sama Pemprov Lampung dengan pemerintah pusat. 

Sementara itu terkait RKPD Provinsi Lampung ke depan, Ridho menyatakan pembangunan sumber daya manusia sebagai perioritas pembangunan di Lampung. 

Di sisi lain, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin, menyoroti pentingnya penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah.

Sementara Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Drs Oktorialdi menyampaikan pokok-pokok kebijakan pembangunan nasional 2020 sebagai tumpuan pembangunan daerah.

Dalam kegiatan Musrenbang ini, Pemprov Lampung juga memberikan berbagai penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota dan OPD Provinsi Lampung yang menunjukan kinerja terbaik

Adapun penghargaan terbaik untuk tingkat kabupaten/kota dibeikan kepada Kabupaten Lampung Barat sebagai terbaik pertama, Kabupaten Pringsewu terbaik kedua dan Kabupaten Tanggamus sebagai terbaik ketiga . Sedangkan untuk tingkat kota jatuh kepada Kota Metro.

Sementara itu untuk tingkat OPD, penghargaan diberikan kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai terbaik ketiga, Dinas Perdagangan terbaik kedua, dan Dinas Kesehatan sebagai terbaik pertama.

Selain itu ada juga penghargaan Lampung Sejahtera untuk kabupaten yang berhasil melakukan penanggulangan kemiskinan di daerahnya masing-masing. Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Waykanan sebagai terbaik pertama, kemudian Kabupaten Mesuji sebagai terbaik kedua, dan terbaik tingkat kota diberikan kepada Kota Metro.