Relawan Demokrasi Bersepeda Mengampanyekan Pemilu Aman, Damai, Berkualitas

id Relawan Demokrasi,Bersepeda Mengkampanyekan Pemilu Dama

Ernadi, relawan demokrasi asal Sumatera Barat yang bersepeda mengampanyekan pemilu damai, aman, dan berkualitas.

Bandarlampung (ANTARA) - Ernadi, pria asal Sumatera Barat yang menjadi relawan demokrasi dengan bersepeda seorang diri, untuk mengampanyekan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 aman, damai, dan berkualitas kepada masyarakat.

Saat ditemui di Bandarlampung, Selasa, pria berusia tiga puluh tahun tersebut telah melakukan misinya tersebut kurang lebih satu bulan, dengan bersepeda dari Kota Padang (Sumbar) ke Provinsi Jambi, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan hingga ke Lampung saat ini.

Ia mengatakan, melakukan aksi ini untuk membantu penyelenggara pemilu dalam menyukseskan pesta demokrasi pada April 2019 mendatang, dengan memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait tata cara melakukan pencoblosan pada kertas surat suara.

Menurutnya, keberhasilan pemilu aman, damai, dan berkualitas tidak hanya terletak di tangan para penyelenggara pemilu dan pihak keamanan, namun semua elemen di negeri ini juga berkewajiban menyukseskannya.

"Tidak hanya untuk membantu penyelenggara pemilu, tapi juga untuk mengajak masyarakat agar menjadi pemilih cerdas dan ikut dalam partisipasi demokrasi ini," kata dia lagi.

Ia mengatakan, selama perjalanan ke kota-kota yang disinggahinya ternyata masih banyak masyarakat yang tidak tahu terkait surat suara, mengingat pada pemilu kali ini masyarakat harus mencoblos lima kertas pemilihan.

"Jadi selama perjalan ini saya lebih banyak memberikan pemahaman mengenai warna surat suara, yang mana untuk pemilihan presiden dan lainnya, dan respons masyarakat terhadap kegiatan ini cukup positif," ujar dia pula.

Ernadi berharap, masyarakat yang telah mengetahui informasi mengenai surat suara dan pencoblosan yang benar mampu membagi pengetahuannya kepada mereka yang belum tahu mengenai informasi tersebut agar tidak ada kesalahan saat mencoblos di TPS nanti.

"Pemilu aman, damai, dan berkualitas adalah tugas kita bersama untuk menyukseskanya," kata dia menegaskan.
 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar