Program Tagana di Lampung Masuk Sekolah Mulai Berjalan

id Tagana masuk sekolah

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni (kiri) berbincang dengan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya. (Foto: Antaralampung/Emir F Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni mengatakan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Korwil Lampung mulai melaksanakan kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) pada Selasa 26 Maret 2019, di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. 

“Ya, mulai Selasa ini Tagana akan melakukan latihan tentang siaga bencana, dan yang dilakukan pascabencana, karena ini menjadi pilar utama di masyarakat,” kata Sumarju, di Bandarlampung. Senin 

Menurutnya, Program TMS ini sudah dijadwalkan sejak satu bulan lalu dan baru dapat dilakukan pada 26 Maret 2019. 

Pada kegiatan ini, rencananya akan dilaksanakan di sekolah Desa Hanura dan diikuti sekitar 750 -1.000 oranng pelajar.  

"Kita harus bisa menjalankan dengan baik kegiatan TMS ini, karena sangat berpengaruh kepada anak-anak khususnya yang tinggal di pinggir pantai,” katanya lagi.

Kegiatan TMS ini diikuti oleh Kwarda Pramuka Lampung, Vertikal Rescue Lampung, Puskesmas Hanura, Pemdes Hanura.

Dia berharap dengan kegiatan ini, anak-anak bisa paham dan selalu waspada terhadap bencana yang ada di sekelilingnya. 

Menurutnya pula, sebagai garda terdepan, para pelajar ini harus diberikan pembekalan secara menyeluruh tentang bahaya bencana dan apa yang harus dilakukaan saat bencana dan setelah bencana terjadi. 

"Kebanyakan anak-anak saat ini hanya bermain video game, tetapi hal sepele tentang pengetahuan bencana diabaikan, nanti bakalan yang rugi mereka sendiri,” kata Sumarju yang juga pernah menjabat Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung. 

Ia mengharapkan, pada saat pelaksanaan kegiatan itu, anak-anaka bisa dengan serius mengikuti kegiatan dan penyuluhan tentang bencana ini, karena selanjutnya akan dapat mengarahkan warga bila bencama kembali terjadi di sekitar mereka.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar