Kesbangpol Kota Metro Beri Wawasan Kebangsaan Siswa SMA/SMK

id Cinta NKRI,Wawasan kebangsaan,Metro,Wali kota metro,Kesbangpol kota metro,SMA/SMK

Wali Kota Metro Achmad Pairin memberikan sambutan pada sosialisasi wawasan kebangsaan bagi pelajar SMA/SMK kota ini. (Foto: Antaralampung.com/Hendra K)

Metro (ANTARA) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, Provinsi Lampung melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada sekitar 200 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Bumi Sai Wawai ini. 

"Sosialisasi ini untuk menanamkan kembali patriotisme kepada anak-anak. Penting untuk anak-anak memiliki nasionalisme dan patriotisme, karena saat ini cenderung menurun ya," kata Wali Kota Metro Achmad Pairin, di Metro, Senin. 

Dia mencontohkan, dulu sewaktu sekolah, ketika guru lewat, anak-anak akan menyambut atau sungkem kepada gurunya dan membawakan buku guru tersebut. 

"Saat ini apa masih ada. Sekarang disentil guru sedikit saja sudah lapor polisi. Padahal itu kan tujuannya baik. Nah, ini perlu pendidikan karakter kepada anak," katanya melanjutkan. 

Dia menjelaskan, untuk siswa yang sudah mempunyai hak pilih, pihaknya mengimbau agar memilih calon yang terbaik. 

"Untuk pemilihan DPRD, pilihlah yg mampu membawa perubahan, karena banyak anggota dewan yang tidak paham tugasnya. Kalau dalam pilpres silakan pilih yang paling baik menurut kalian," ujarnya pula. 

Plt Kepala Kesbangpol Metro Nur Elman mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar para siswa bisa menjadi contoh yang baik di sekolah masing-masing. 

"Kan tadi sudah dicontohkan ya sama Pak Wali Kota, kalau anak sekolah sekarang tidak seperti dulu. Anak sekolah dulu sangat hormat pada gurunya, sekarang kan tidak. Bagaimana mau peduli kepada bangsa kalau sama guru saja tidak peduli," ujarnya pula. 

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini, siswa dididik untuk lebih mencintai negeri ini dan minimal membawa kerukunan di sekolahnya. "Memang belum maksimal ya, tetapi akan kita tingkatkan terus," katanya pula. 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar