Cara Fergi tangani pemain muda, ditiru Southgate

id southgate,timnas inggris

Cara Fergi tangani pemain muda, ditiru Southgate

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate (kanan) memberikan instruksi kepada Jadon Sancho dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020 melawan Republik Ceko di Wembley Stadium, London, Inggris pada 22 Maret 2019 (.(Action Images via Reuters/CARL RECINE))

Jakarta (ANTARA) - Gareth Southgate mengambil contoh dari Sir Alex Ferguson saat mencoba menangani dan membimbing pemain muda Inggris seperti Jadon Sancho dan Callum Hudson-Odoi.

Setelah mencapai semifinal Piala Dunia tahun lalu dan posisi sama di Liga Negara UEFA perdana yang digelar musim panas ini, tim Tiga Singa menjalani musim 2019 dengan baik setelah melumat Republik Ceko 5-0 di kualifikasi Euro 2020 pada Sebut dini hari WIB.

Pemain sayap Borussia Dortmund Sancho tampil brilian di pertandingan perdananya bersama Inggris, begitu juga sesama pemenang Piala Dunia U17 Hudson-Odoi dan Declan Rice dalam debut mereka.

"Kami memiliki kompetisi untuk memperebutkan tempat dan setidaknya di posisi depan, mereka sudah dewasa dalam usia sangat muda," kata Southgate yang dikutip Sky Sports menjelang pertandingan Grup A Selasa di Montenegro.

Southgate telah menunjukkan bahwa ia tidak ragu untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda dan berusaha mengikuti cara mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson dalam mendidik para pemainnya, contohnya seperti Ryan Giggs.

"Saya rasa kami bertanggung jawab dengan segalanya: seberapa banyak kami mengekspos mereka kepada publik, seberapa banyak kami menempatkan mereka dalam situasi komersial," kata Southgate terkait tanggung jawab manajemen timnas kepada para pemain muda.

"Kita harus memikirkan semua itu sepanjang waktu karena sangat mudah bagi mereka untuk menikmati saat-saat ini, dan mereka harus menikmatinya tetapi harus ada keseimbangan yang baik."

"Saya selalu melihat cara Sir Alex (Ferguson) dengan Ryan (Giggs) dan bagaimana ia melakukannya dengan sangat baik. Mereka mampu mempertahankan kesuksesan sangat lama."

"Jadi, meski mereka bukan pemain kami sehari-hari, saya rasa kami memiliki tanggung jawab untuk melakukan itu sebanyak yang kita bisa, karena kami juga menempatkan mereka ke tingkat yang lebih tinggi dan kami harus memastikan kami mendapatkan keseimbangan yang tepat untuk klub, tetapi yang paling penting bagi pemain," tambah Southgate.