Menkes inginkan daerah lain segera selesaikan ODF-BAB Sembarangan

id Menkes, nila f moeloek, odf

Mentri Kesehatan Indonesia Nila F Moeloek berfoto bersama dengan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya dan seluruh jajaran Forkopimda dan SKPD Waykanan saat setelah melaksanakan deklarasi bebas dari ODF-BAB Sembarangan. (Foto : Antaralampung/Emir F Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Waykanan atas capain Open  Defecation Free (ODF) karena menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan dan dapat dicapai pula oleh daerah lain.

“Saya ucapkan selamat, semoga prestasi ini terus dipertahankan dan menjaga masyarakat untuk tetap berprilaku hidup sehat,” kata Nila, di Bandarlampung saat menghadiri acara deklarasi bebas ODF-BAB Sembarangan, Jumat. 

Menurutnya, dengan capaian ini Waykanan harus bisa terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan. Karena itu prilaku tidak sehat, dan bisa merugikan masyarakat lainnya. 

Selain itu, setelah memperoleh penghargaan ini, harus bisa dijaga agar peningkatan ini dapat ditiru oleh pemerintah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Lampung. 

“Ayo kita pertahankan capaian ini,  jangan sampai yang telah kita peroleh terbuang sia-sia karena ada masyarakat yang tidak teratur,” katanya 

Ia menjelaskan, di Provinsi Lampung baru ada dua yang sudah 100 persen bebas dari ODF-BAB sembarangan yaitu Kabupaten Pringsewu dan Waykanan. Dengan adanya dua daerah ini bisa menjadi cambuk semangat bagi lainnya agar bisa mengikuti dan mengejar hal tersebut. 

“Walaupun baru dua, semoga di tahun 2019 ini ada daerah-daerah di Lampung dapat ikut mengejar dan mendeklarasikan daerahnya dari bebas ODF-BAB sembarangan,” kata dia.

Nila mengharapkan, bagi kabupaten / kota Se-Provinsi Lampung untuk bisa mendeklarasikan daerah bebas ODF-BAB sembarangan, serta bantuan dari masyarakat, TNI/Polri, LSM, organisasi dan lainnya untuk bisa mendukung agar penghargaan dapat diperoleh di tahun ini atau tahun berikutnya.



 
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar