Waykanan raih penghargaan ODF di Lampung

id Waykanan, odf, sekda saipul

Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanab Saipul saat diwawancarai sebelum acara deklarasi ODF Kabupaten waykanan (Foto : Antaralampung/Emir F Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Kabupaten Waykanan mendapatkan penghargaan "Open Defecation Free/ODF"  nomor dua di Provinsi Lampung setelah Kabupaten Pringsewu. 

“Kami mendapatkan penghargaan ini setelah terus menerus melakulan sosialisasi ODF sejak tahun 2016 sampai sekarang, dan peran masyarakat juga sangat berpengaruh untuk bisa memperoleh ini,” ujar Sekretaris Daerah Waykanan, Saipul, di Bandarlampung, Jumat 

Menurutnya, penghargaan ini diraih lantaran masyarakat sudah menyadari akan pentingnya kesehatan terhadap lingkungan. 

Selain itu, ada faktor yang membuat Waykanan menjadi daerah bebas buang air besar sembarangan, yaitu kesadaran masyarakat terhadap bahaya buang air besar sembarangan, dan warga mampu mulai membuat tempat yang layak untuk buang air besar. 

“Faktor ini yang membuat daerah menjadi bebas buang air besar sembarangan, dan terbukti di 14 Kecamatan di Waykanan terbebas dari hal tersebut,” kata Saipul yang pernah menjabat Asisten Bidang Kemasyarakat Waykanan itu. 

Ia menjelaskan bahwa untuk meraih penghargaan ini semua pihak ikut campur tangan seperti kepala desa, TNI/Polri, dan CSR perusahaan yang ikut membangun sanitasi bagi masyarakat yang ada.

Bahkan dalam satu tahun pemerintah Kampung telah menganggarkan Rp10 juta untuk membuat jamban sehat bagi masyarakat. 

“Bantuan  yang diberikan ini mengingat pentingnya pembuatan jamban sehat bagi masyarakat, dengan itu Waykanan bisa meraih daerah bebas dari buang besar air besar sembarang,” katanya.
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar