Liverpool kembali ke posisi puncak usai taklukkan Fulham

id liverpool

Liverpool kembali ke posisi puncak usai taklukkan Fulham

Gelandang Liverpool James Milner (kanan) merayakan golnya ke gawang Fulham dari tendangan penalti bersama rekan-rekannya dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Inggris, Minggu (17/3/2019). ((ANTARA/REUTERS/Hannah McKay))

Jakarta (ANTARA) - Kemenangan Liverpool atas Fulham 2-1 sekaligus mengantarkan tim besutan Juergen Klopp kembali ke puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 76 poin, mengungguli Manchester City (74) yang laga pekan ke-31 mereka ditunda karena harus melakoni perempat final Piala FA.

Sebuah tendangan penalti dilesakkan gelandang Liverpool, James Milner, untuk mengantarkan timnya memetik kemenangan 2-1 atas tuan rumah Fulham dalam laga pekan ke-31 Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Inggris, Minggu.

Gol itu merestorasi keunggulan yang sempat dimiliki Liverpool lewat gol Sadio Mane dan terkubur karena gol Ryan Babel memanfaatkan kecerobohan bek Virgil van Dijk, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sedangkan Fulham (17) tak beranjak dari posisi kedua terbawah klasemen dan semakin di ambang kepastian terdegradasi.

Liverpool tampil trengginas sejak tendangan mula dan berhasil membuka keunggulan lewat Mane yang menyelesaikan kerja sama umpan satu dua sentuhan dengan Roberto Firmino pada menit ke-26.

Pada menit ke-35 Liverpool hampir menggandakan keunggulan namun penyelesaian Andy Robertson atas umpan balik Adam Lallana berhasil dihentikan oleh kiper Sergio Rico.

Keunggulan bertahan hingga turun minum dan Liverpool kembali menyerang sejak awal babak kedua namun, sundulan Van Dijk menyambut umpan silang Fabinho berhasil ditepis oleh Rico pada menit ke-56.

Pada menit ke-64, Floyd Ayite berhasil menyarangkan bola ke gawang Liverpool namun ia terlanjur berada dalam posisi offside ketika membelokkan bola sepakan Andre-Frank Zambo Anguissa.

Para pemain Liverpool melancarkan protes kepada wasit Craig Pawson yang mengabaikan insiden ditarik jatuhnya Georginio Wijnaldum di dalam kotak penalti oleh Timothy Fosu-Mensah pada menit ke-66.

Kepercayaan diri Liverpool diuji ketika pada menit ke-74 sebuah kesalahan Van Dijk yang gagal mengumpankan bola ke kiper Allison Becker dengan sundulannya membuat Babel berhasil merebut bola untuk menyarangkannya ke gawang yang sudah tak bertuan sekaligus menyamakan kedudukan 1-1.

Sayangnya, adrenalin tinggi yang dirasakan para pemain Fulham malah berujung keputusan buruk Rico menjatuhkan Mane di dalam kotak penalti enam menit berselang.

Milner, yang baru masuk pada menit ke-72 menggantikan Lallana, melakoni tugasnya sebagai algojo tanpa cela, melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihentikan Rico demi merestorasi keunggulan Liverpool 2-1 pada menit ke-81.

Mohamed Salah sebetulnya berkesempatan untuk memastikan kemenangan Liverpool lebih awal ketika ia disodori umpan manis dari Mane dalam keadaan minim kawalan pada menit ke-87, namun tembakannya mengarah tepat ke Rico, peluang yang terbuang percuma.

Beruntung kegagalan itu tak harus dibayar mahal oleh Salah sebab Liverpool tetap menang 2-1 ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Fulham (4-2-3-1): Sergio Rico; Timothy Fosu-Mensah (Cyrus Christie), Calum Chambers, Tim Ream, Joe Bryan; Andre-Frank Zambo Anguissa, Jean Michael Seri (Ryan Sessegnon); Floyd Ayite, Thomas Cairney (Neeskens Kebano), Ryan Babel; Aleksandar Mitrovic
Pelatih: Scott Parker

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho, Adam Lallana (James Milner); Mohamed Salah (Daniel Sturridge), Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp
 
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar