Gubernur Ridho Promosikan Lampung Di Kroasia

id Lampung, kroasia, Zagreb

Gubernur Ridho Promosikan Lampung Di Kroasia

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo Dan Dubes RI Untuk Kroasia Sjahroedin ZP (Antara Lampung/HO)

Agenda pameran tersebut merupakan agenda tahunan cukup besar di wilayah Eropa Timur yang saat ini sedang berkembang dengan pesat

Lampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam kunjungan kerjanya ke Kroasia mempromosikan keunggulan daerah setempat Salah Satunya melalui Festival Budaya Indonesia di agenda pameran wisata "Place2Go Internasional Tourism Fair", di Ibukota Kroasia, Zagreb. 

"Agenda pameran tersebut merupakan agenda tahunan cukup besar di wilayah Eropa Timur yang saat ini sedang berkembang dengan pesat," kata Ridho, dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandar lampung, Sabtu. 

Dalam kesempatan itu  Ridho didampingi Plt. Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis dan beberapa pejabat eselon dua serta jajaran staf dan rombongan kebudayaan Lampung.

Ridho juga sangat berterima kasih kepada Dubes Indonesia untuk Kroasia Sjahroedin ZP yang memberikan warna yang khas budaya Lampung pada perwakilan Indonesia di Kroasia baik dari sisi penampilan hingga kegiatan-kegiatan persahabatan dan festival yang diikuti atau diadakan oleh Kedubes Indonesia di Kroasia. 

Dalam sambutannya, mewakili Pemerintah Provinsi Lampung, Ridho mengungkapkan rasa bangga dan hormatnya kepada Dubes Sjahroedin.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dihadapan Dubes Sjahroedin juga menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan pembangunan Lampung. 

Capaian-capaian pembangunan,  lanjutnya, dari mulai naiknya "competitivenes index" Provinsi Lampung yang melonjak pesat dari posisi 25 ke 11.

Kunjungan pariwisata yang meningkat berkali-kali lipat sekitar 30 persen kenaikan setiap tahun dalam 4 tahun terakhir, kemudian keberadaan Bandara Internasional Radin Inten II. 

Selanjutnya, pembangunan jalan tol, hingga Dermaga Eksekutif Bakauheni. 

Gubernur Ridho Ficardo yakin tahun-tahun mendatang Provinsi Lampung akan mengalami lompatan lebih tinggi lagi seiring pondasi pembangunan yang telah tertata dengan baik pada sektor-sektor prioritas.

Gubernur Lampung itu juga melaporkan kepada Dubes Sjahroedin, yang juga mantan Gubernur Lampung di era sebelumnya, terkait dengan usulan penamaan salah satu pintu Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi yang disetujui Presiden Jokowi, dengan nama almarhum Adeham, ASN Pemprov Lampung yang memiliki peran besar dalam proses pembangunan JTTS.

Dubes Sjahroedin ZP dalam kesempatan itu menyampaikan soal kerjasama pendidikan, budaya, dan pariwisata yang sudah dan akan terjalin antara RI dan Kroasia. 

"Khusus pendidikan, perguruan-perguruan tinggi Kroasia juga telah menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi di Pulau Jawa. Perkembangan terbaru University of Zagreb juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Lampung," ujarnya.

 Dubes Sjahroedin berharap Lampung melalui pemerintah provinsinya juga terus meningkatkan kerjasama sektor pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata tersebut.

Mantan gubernur Lampung itu menjelaskan, tiga tahun belakangan ini, Kedutaan Besar RI di Kroasia pada masa kepemimpinan Dubes Sjahroedin memiliki corak warna yang berbeda, dengan memberikan nuansa adat dan budaya Lampung. 

Misalnya, pakaian staf kedutaan yang diarahkan untuk menggunakan batik Lampung. Berbagai event yang melibatkan kedutaan beserta stafnya ditampilkan dengan menonjolkan ciri khas Provinsi Lampung sebagai bagian dari keragaman adat dan budaya bangsa Indonesia.

Sjahroedin juga menyampaikan bahwa penduduk Kroasia hanya 5 juta jiwa, tapi kunjungan turisnya mencapai 18 juta wisatawan setiap tahun.

" Ini menunjukkan Kroasia cukup sukses di sektor tersebut dan harus dicontoh oleh Lampung, khususnya oleh pemerintah daerah baik pemprov maupun pemkab dan pemkot," tambahnya.