Jadi smart city, Kota Metro masih kekurangan CCTV

id kota metro,cctv

Metro, Lampung (ANTARA) - Kota Metro, Provinsi Lampung masih kekurangan Closed Circuit Television (CCTV) yang diletakkan di sejumlah sudut kota untuk mewujudkan kota tersebut sebagai "smart city".

"Saat ini memang CCTV kita masih terbatas. Hanya memiliki 11 CCTV. Kita belum ada CCTV yang bisa memperbesar gambar. Kalau dibandingkan dengan surabaya atau Bandung ya masih jauh. Mereka memiliki sekitar ribuan," kata Kepala Bidang Statistika dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro Andi Setiyo, di Metro, Minggu.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan smart city, idealnya Kota Metro memiliki 100 CCTV. Dimana, nantinya CCTV tersebut akan ditempatkan di traffic light maupun di tempat-tempat yang rawan.

"Contohnya di perbatasan. Nanti semua traffic light juga akan dipasang. Untuk saat ini memang hanya beberapa saja yang terpasang," katanya.

Menurutnya, beberapa yang sudah dipasang CCTV yakni Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Yosodadi untuk memantau alur perbatasan dari luar Metro, lalu perempatan Mulyojati. Jalan KH Dewantara, Jalan Pattimura dan di depan Rumah Dinas Wali Kota.

Pihaknya berharap, pemerintah dapat mendukung program-program kedepannya. Ini untuk meningkatkan pelayanan publik ke masyarakat. Apalagi saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Metro telah memiliki Command Center.

"Salah satu pendukung untuk command center juga adanya CCTV. Harapannya ya kedepan program kita dapat dukungan dari pemerintah. Sehingga kita pelan-pelan akan membenahi semua kekurangan untuk meningkatkan pelayanan publik," tambahnya.***2***