Kemen PPPA cari masukan untuk ambil kebijakan terkait inses menimpa disabilitas

id kemen pppa,inses, inses disabilitas

Kemen PPPA cari masukan untuk ambil kebijakan terkait inses menimpa disabilitas

Kabid Anak Berkebutuhan Khusus Kemen PPPA Indrawati. (antaralampung/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyoroti kasus inses terhadap anak yang mengalami disabilitas di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

"Kita prihatin, oleh sebab itu kita sedang melakukan koordinasi kepada seluruh stakeholder untuk kebijakan yang kita ambil kedepan," kata Kabid Anak Berkebutuhan Khusus Kemen PPPA Indrawati saat menggelar diskusi di Bandarlampung, Jumat.

Dalam diskusi itu, menurut Indrawati salah satu penyebab terjadinya perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan itu lantaran malu mempunyai seorang anak yang mengalami keterbelakangan mental sehingga anak tersebut terpaksa ditempatkan di rumah.

 "Terpaksa anak tersebut kehilangan masa bermainnya maupun pengawasan dari tetangga sekitar. Saat seorang ibu pergi ke luar rumah disitulah hal yang tidak diketahui tetangga sekitar terjadi," kata dia.

Dia menambahkan orang tua khususnya para ibu seharusnya mempunyai kepercayaan diri dan mau memperkenalkan anaknya kepada tetangga dengan cara mengajaknya ke luar rumah.

"Anak kan butuh perkembangan juga, apalagi anak adalah karunia Tuhan jadi kita tidak perlu malu," kata dia menerangkan.

 Menyikapi hal tersebut Kemen PPPA terus menyosialisasikan dan melakukan koordinasi terhadap pemerintah setempat untuk anak-anak yang mengalami disabilitas. Pihaknya juga akan membuat kegiatan terkait sosialisasi tentang disabilitas kedepan.

 "Nanti kita akan sosialisasikan ke setiap provinsi-provinsi dan nanti akan diteruskan ke kabupaten/kota oleh provinsi. Rencana dari kita untuk Lampung akan melakukan sosialisasi dari sekolah SLB se-kabupaten/kota," katanya.

 "Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan dengan stakholder yang sudah menangani ini kita bisa merumuskan kebijakan yang akan kita kerjakan kedepan," kata dia. 

Baca juga: Pemprov Lampung-Kementerian PPPA Tangani Korban Inses

Baca juga: Korban Inses Pringsewu Harus Mendapat Perlindungan Khusus

Baca juga: KPK Panggil Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim