Ikan Bisa Diolah Jadi Produk Yang Disukai Anak-anak

id ikan olahan, produk hilir,gemar makan ikan

Ikan Bisa Diolah Jadi Produk Yang Disukai Anak-anak

Koordinator Program Studi Teknologi Pangan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto Kavadya Syska (Foto: dok pribadi)

Bagi anak-anak yang kebanyakan tidak menyukai makan ikan, maka makanan olahan berbahan dasar ikan bisa menjadi solusinya
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Ikan dapat diolah menjadi produk hilir bergizi yang disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa kata Akademisi dari Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Kavadya Syska. 

"Bagi anak-anak yang kebanyakan tidak menyukai makan ikan, maka makanan olahan berbahan dasar ikan bisa menjadi solusinya," katanya di Purwokerto, Kamis (21/2).

Dia menjelaskan, upaya mengolah ikan menjadi produk hilir yang disukai masyarakat khususnya anak-anak menjadi banyak pembahasan di kalangan ahli pangan. 

"Ini sebetulnya dari lama menjadi pembahasan juga bagi ahli pangan dalam mencari ide bagaimana mengolah ikan produk hilir yang disukai masyarakat khususnya anak-anak," katanya.

Pasalnya, kata dia, kandungan DHA pada ikan sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan terutama bagi anak-anak.

"Anak-anak sangat membutuhkan DHA untuk menunjang kesehatan dan kecerdasannya, karena itu makanan olahan berbahan dasar ikan bisa menjadi solusi yang tepat," katanya.

Sebelumnya, Guru Besar Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Prof. 

Rifda Naufalin mengatakan makanan olahan ikan bisa berbentuk sosis, nugget, bakso, siomay dan lain sebagainya. 

"Kandungan gizi makanan olahan berbahan dasar ikan seperti sosis, nugget, bakso dan siomay, masih memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama kandungan protein. 

Hal ini karena produk ini diolah dengan sistem pengukusan sehingga tidak menyebabkan kerusakan nilai gizinya," katanya.

Untuk makanan olahan berbentuk nugget atau siomay yang digoreng, tambah dia, ada cara tersendiri agar panas tidak langsung mengenai daging ikan.

"Untuk nugget dan siomay saat penggorengan daging ikan bisa dilapisi atau disalut dengan tepung panir atau kulit lumpia sehingga panas tidak langsung mengenai daging ikan," katanya.