Wali Kota Bandarlampung Imbau Warga Tak Buang Sampah Ke Laut

id Bersih sampah, sukaraja, Bandarlampung, polda, wali kota

Wali Kota Bandarlampung Imbau Warga Tak Buang Sampah Ke Laut

Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto bersama Wali Kota Bandarlampung Herman HN pada acara Apel Hari Peduli Sampah Nasional 2019 (Antara Lampung/HO)

Kami berharap pantai lebih bersih dan masyarakat sekitar pantai dapat lebih sehat, karena itu jangan buang sampah di laut.
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - 
Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, mengimbau warga, terutama di kawasan pesisir, untuk tak membuang sampah ke pinggir pantai atau laut. 

"Kami berharap pantai lebih bersih dan masyarakat sekitar pantai dapat lebih sehat, karena itu jangan buang sampah di laut," kata Herman HN, pada  apel bersama dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Bandarlampung,  Kamis. 

Wali Kota juga mengimbau masyarakat jangan membuang sampah  di sungai yang bermuara ke laut agar perairan tidak tercemar.

Kegiatan yang mengangkat tema "Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai" itu  bertujuan untuk terwujudnya program bersih laut dan pantai secara berkesinambungan.

Selanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan adanya penurunan jumlah sampah yang ada di laut, membentuk komunitas peduli laut dan sampah serta mengimbau pemerintah daerah untuk memberikan solusi tentang sampah di wilayah pemerintah daerah kabupaten/kota.

Kapolda Lampung, Irjen Purwadi Arianto,  mengatakan, apel Hari Peduli Sampah Nasional ke-14 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

Menurut Kapolda, proses terurainya sampah khususnya plastik sangat lama, dan apabila dibiarkan menumpuk di suatu tempat dapat menganggu sanitasi dan akan berdampak pada terganggunya kesehatan.

Melalui peringatan HSPN, Kapolda mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah, paling tidak pribadi yang ikut dalam kegiatan bersih sampah di Pantai Sukaraja Bandarlampung, bisa menjadi pioner didalam keluarga dan lingkungan sekitar.

"Semua pihak  harus bersama-sama peduli akan sampah untuk mewujudkan hidup bersih, serta mengurangi penggunaan plastik dalam sehari hari," ujar Irjen Purwadi Arianto.

Acara bersih sampah yang dipusatkan di Pantai Sukaraja Bandarlampung itu, diikuti personil Polda Lampung, Lanal Lampung, Basarnas, BPBD Kota Bandarlampung, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung, Walhi Lampung, dan sekitar 2.000 masyarakat/nelayan Bandarlampung.