Pemkab Bangkalis bantu korban tsunami Selat Sunda Rp100 juta

id bengkalis,tsunami

Pemkab Bangkalis bantu korban tsunami  Selat Sunda Rp100 juta

Pemkab Bengkalis, Riau menyerahkan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan. (antaralampung/HO)



Bandarlampung,  (Antaranews Lampung) – Pemerintah Kabupaten Bangkalis, Provinsi Riau menyerahkan bantuan  uang tunai 100 juta rupiah ke Pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu para korban bencana tsunami Selat Sunda di Kalianda Lampung Selatan. 

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi para korban tsunami. Baik untuk pembangunan rumah yang rusak maupun perlengkapan sekolah bagi anak-anak korban tsunami Selat Sunda,” kata Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Bangkalis, Martini, di Bandarlampung, Senin. 

Menurutnya, bantuan tersebut hasil pengumpulan di Pemerintah Kabupaten Bangkalis Provinsi Riau, untuk para korban bencana tsunami Selat Sunda.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut dapat digunakan untuk pembangunan rumah korban, rumah ibadah dan perlengkapan sekolah bagi para korban tsunami. 

Selain dapat  digunakan untuk keperluan pembangunan, dana ini juga dapat digunakaan untuk membeli perlengkapan sekolah bagi anak-anak yang  dampak tsunami.

“Dana ini bisa digunakan untuk kegiatan apa saja, tetapi harus ada yang menjadi prioritas, apakah pembangunan sarana umum, perbaikan sarana sekolah, atau lainnya. Itu semua kita serahkan kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang mengaturnya,” kata dia.

Martini mengharapkan, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bangkalis Provinsi Riau bisa dirasakan oleh masyarakat, yang terkena dampak tsunami.

Sekretaris Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis yang didampingi Kepala Dinas Sosial Sumarju Saeni mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan kunjungan Dinas Sosial dan Rombongan dari Pemerintah Kabupaten Bangkalis, Riau. 

“Sebelum bantuan ini dibagikan, akan dirapatkan dahulu apakah akan digunakan untuk keperluan masyarakat umum, atau lainnya. Yang pasti akan dibagikan ke masyarakat secepatnya,” katanya .

Hamartoni mengharapkan, bantuan tersebut bisa langsung bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat, walaupun nanti yang diterima sedikit tetapi bisa merata kepada korban lainnya. 

 Kunjungan Dari Pemerintah Kabupaten Bangkalis, Riau dipimpin oleh Kepala Dinas Sosial Martini; Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Tajul Mudarris; Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Anharizal,;Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik, diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Komunikasi dan Informasi, Achyan; dan Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos, Mardiah.