Adipati minta dinas terkait buat "ruang pojok baca"

id adipati,raden adipati surya

Adipati  minta dinas terkait buat "ruang pojok baca"

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (Foto: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)


Waykanan, (Antaranews Lampung) – Bupati Waykanan, Lampung RAden Adipati Surya meminta Dinas Perpustakaan dan Arsip Waykanan untuk bisa membuat ruang pojok baca bagi pengunjung di rumah sakit, puskesmas dan tempat umum lainnya. 

“Saya mau di setiap rumah sakit, puskesmas dan tempat umum lainnya ada ruang pojok baca bagi para pengujung. Karena ini salah satu cara untuk bisa menarik minat masyarakat untuk membaca, salah satunya anak-anak,” kata Adipati, di Blambanganumpu, Waykanan, Rabu. 

Menurutnya, dengan memberikan ruang pojok baca bagi para pengujung, ini dapat mengurangi rasa bosan pengujung, sambil menunggu antrean panggilan. 

Selain itu, setiap ruang pojok baca itu bukan hanya untuk orang tua, tetapi untuk anak-anak juga wajib disediakan, seperti buku bergambar, komik, buku cerita, dan lainnya. 

Adipati menjelaskan, ini salah satu cara untuk menarik minat baca anak-anak. Sambil menunggu orang tua berobat atau mengantre anak-anak bisa sambil membaca untuk mengurangi rasa bosan. 

“Karena sudah sangat jarang tersedia ruang pojok baca, dengan adanya ruang pojok sebagai ide mendidik anak – anak menjadi lebih cerdas,” katanya

Ia mengatakan, selain membuka ruang pojok baca di tempat umum juga di tempat lain seperti lapas kelas II Waykanan, bank, tempat wisata dan lainnya. 

Adipati mengharapkan, setiap dinas dan instansi bisa ikut menyukseskan ruang pojok baca ini, karena dengan cara tersebut juga bisa menumbuhkan minat baca bagi anak-anak.***3***
(EM*T013)