Kawanan gajah liar rusak tanaman warga Lampung Barat

id gajah rusak perkebunan,warga rowo rejo,kecamatan suoh,lampung barat,mardiana,tagana lampung barat

Gajah liar sering merusak perkebunan warga di Lampung Barat (Foto : Antaralampung/Dok)

Kawanan gajah liar ini sudah sering masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian milik warga. Bahkan tahun lalu ada yang sampai meninggal dunia, katanya
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Puluhan gajah liar memasuki dan merusak perkebunan milik warga di Blok 9 Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

"Ya benar, ada kawanan gajah liar berjumlah puluhan masuk ke daerah perkebunan warga di Suoh, Lampung Barat. Gajah-gajah itu merusak tanaman," ujar anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Barat Mardiana saat dihubungi dari Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, kawanan gajah liar ini sudah hampir satu minggu berdiam di lahan perkebunan warga dan merusak puluhan hektare lahan pertanian dan perkebunan milik warga.

Selain lahan perkebunan dan pertanian, ada dua rumah warga menjadi korban amukan gajah liar ini.

"Kawanan gajah liar ini sudah sering masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian milik warga. Bahkan tahun lalu ada yang sampai meninggal dunia," katanya.

Mardiana menjelaskan, melihat kawanan gajah liar masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian, warga pun tidak bisa melakukan apa-apa.

"Kami hanya menunggu, sampai pihak yang berwajib berhasil mengusir kawanan gajah liar ini," ungkapnya.

Mardiana mengharapkan agar ada pihak atau instansi bisa menggiring atau mengusir kawanan gajah liar ini keluar dari perkebunan warga, karena dikhawatirkan hewan berbelalai dan dilindungi undang-undang ini juga masuk ke permukiman warga.
Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar