Nias Selatan Diguncang Gempa 6,1 SR

id Gempa bumi, Nias Selatan

Ilustrasi seismograf (BP/dok)

Jakarta (Antaranews Lampung ) - Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatara Utara, pada Selasa dini hari dan goyangannya dirasakan warga masyarakat di sejumlah kota di Provinsi Sumatera Barat.



Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa dini hari, gempa yang terjadi pada pukul 02:29:53 WIB itu tidak berpotensi tsunami.



Disebutkan, pusat gempa berjarak sekitar 130 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Nias Selatan pada kedalaman 11 kilometer.



Gempa yang terletak pada koordinat 0.46 Lintang Selatan (LS) 97.98 Bujur Timur (BT) itu dirasakan warga Nias Selatan, Pasaman, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Pariaman, Padang, dan Payakumbuh namun hingga belum ada laporan tentang dampak gempa.



Jamil, warga Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengatakan dia merasakan guncangan gempa yang cukup kuat selama beberapa saat. "Saya sudah kembali ke rumah. Alhamdulillah, tidak ada kerusakan," katanya kepada Radio Elshinta.

Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar