Menteri BUMN Akan Cek Kesiapan JTTS Maret 2019

id tol sumatera,menteri bumn,rini soemarno,mengecek jtts

Menteri BUMN Akan Cek Kesiapan JTTS Maret 2019

Menteri BUMN Rini M Soemarno (kedua kanan) meninjau proyek tol Pematang Panggang-Kayu Agung di Tulang Bawang, Lampung, Kamis (31/1/2019). (FOTO: ANTARA/Ardiansyah)

Saya akan kembali melakukan ekspedisi jalan tol Trans Sumatera tahap dua bila ruas tol Bakauheni–Menggala Tulangbawang sudah selesai dikerjakan, katanya
Menggala, Lampung (Antaranews Lampung) - Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan pada akhir Maret 2019 akan kembali mengecek kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni (Lampung) sampai Kayu Agung (Sumatera Selatan).

"Saya akan kembali ngecek kesiapan tol Trans Sumatera, apakah sudah bisa dilalui. Yang pasti saya minta akhir Maret 2019, JTTS sudah dapat dilalui secara fungsional," kata Menteri saat meninjau JTTS ruas Terbanggi Besar–Tulangbawang, Menggala, Kamis.

Menurut dia, dari peninjauan itu, ruas Bakauheni–Terbanggi besar sudah dapat dilalui oleh kendaraan secara fungsional, hanya saja masih menunggu hasil pemeriksaan soal kelayakan, tapi secara keseluruhan sudah layak untuk dilintasi.

Sedangkan untuk ruas Terbanggi Besar-Menggala belum bisa digunakan karena masih terdapat beberapa titik yang harus diselesaikan, seperti jembatan, namun diharapkan bisa diselesaikan akhir Maret 2019, sehingga Lampung dan Sumatera Selatan sudah tersambung.

"Saya akan kembali melakukan ekspedisi jalan tol Trans Sumatera tahap dua bila ruas tol Bakauheni–Menggala Tulangbawang sudah selesai dikerjakan," katanya.

Rini mengatakan bila semua sudah selesai dikerjakan dan bisa digunakan secara fungsional maka pekerjaan selanjutnya hanya melakukan penyelesaian dan perapiannya saja. Seperti pemasangan rambu-rambu lalu lintas, pembatas, lampu jalan, dan lainnya.

Ia mengharapkan kepada seluruh perusahaan BUMN kontruksi yang mengerjakan JTTS harus bisa menyelesaikan pekerjaanya pada akhir Maret 2019.