Karang Taruna Perkuat Semangat Kebangsaan dan Kebhinekaan

id Karang taruna, bulan bakti nasional, kemensos

Karang Taruna Perkuat Semangat Kebangsaan dan Kebhinekaan

Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Hannibal (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Selain itu, Karang Taruna juga berperan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dapat berperan memperkuat semangat kebangsaan dan Kebhinekaan.

"Selain itu, Karang Taruna juga berperan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hannibal, pada Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Nasional di Bandarlampung, Sabtu (26/1).

Ia menyebutkan, Karang Taruna diharapkan dapat menjadi salah satu sarana pemersatu bangsa. Karena dengan energi muda generasi muda dapat menangkal adanya masalah sosial.

Menurutnya, sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, Karang Taruna adalah wadah dan sarana pengembangan masyarakat, terutama untuk generasi muda.

 Hannibal menjelaskan, Karang Taruna Provinsi Lampung sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat dalam berbagai bidang seperti ekonomi, penanggulangan masalah sosial.

Selain itu, lanjutnya, Karang Taruna juga berperan dalam memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan tegak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 Hannibal menambahkan, dengan aktifnya peran Karang Taruna dalam kehidupan masyarakat, melalui berbagai program sosial, ekonomi, dan pendidikan,  sehingga adanya masalah sosial dan masalah disintegrasi bangsa dapat dicegah dan ditanggulangi.

Hadir pada acara Bulan Bakti Karang Taruna, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin, sejumlah pejabat di Kemensos, pengurus pusat, provinsi dan kabupaten/kota Karang Taruna, se-Tanah Air.