Afghanistan : Seorang Komandan Taliban Tewas

id Taliban, Afghanistan dan Taliban

Afghanistan : Seorang Komandan Taliban Tewas

Tentara Afghanistan (AFP)

Kabul  (Antara/Reuters) - Badan intelijen Afghanistan menewaskan seorang komandan Taliban yang menjadi dalang serangan mematikan terhadap pasukan Afganistan di pangkalan militer di Provinsi Maidan Wardak pekan ini, kata sejumlah pejabat pada Rabu.  
    
Direktorat Keamanan Nasional atau National Directorate of Security (NDS) mengatakan komandan yang hanya diketahui bernama Noman, tewas dalam serangan udara pada Selasa malam.  
    
"Norman, bersama dengan tujuh orang lainnya, menjadi target setelah teridentifikasi oleh pasukan NDS dalam tugas operasi," menurut pernyataan badan tersebut.  
  
  "NDS akan mengintai kelompok gerilyawan dan menghabisi mereka semua." 
     
Sejumlah pejabat Taliban tidak langsung bersedia membenarkan kematian komandan tersebut.

Pada Selasa, badan intelijen mengatakan 36 orang tewas dan 58 orang lagi cedera dalam serangan yang dilakukan Taliban pada Senin. Jumlah tersebut lebih kecil dari sumber penghitungan pemerintah dan keamanan.  
    
Pada Senin, salah satu sumber pertahanan senior mengatakan kepada Reuters bahwa 126 pasukan keamanan Afghanistan tewas. Keesokan harinya, dua pejabat keamanan senior di ibu kota, Kabul, mengatakan sedikitnya 72 pria yang mendapat pelatihan dari NDS tewas dan 38 lainnya mengalami luka serius.