China Lolos ke Perempat Final Piala Asia

id Piala Asia 2019, China Lolos perempat

China Lolos ke Perempat Final Piala Asia

China Lolos ke perempat final Piala Asia 2019 (REUTERS/Satish Kumar Subramani)

Jakakarta (Antaranews Lampung ) - Timnas sepak bola China melaju ke babak perempat final setelah mengalahkan Thailand 2-1 pada babak 16 besar Piala Asia di Stadion Hazza bin Zayed, Al Ain, UEA, Minggu.

Thailand membuka keunggulan dengan gol Supachai Jaided lewat tendangan kaki kanannya memanfaatkan assist dari Thitipan Puangchan lewat tendangan sudut pada menit 31, demikian laman resmi AFC pada Minggu.

Lima menit setelah itu, Jaided memiliki kesempatan untuk menambah keunggulan Thailand namun tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih melenceng ke sisi kiri gawang.

Di awal babak kedua, Wu Lei, yang mendapatkan assist dari Gao Lin, belum mampu menjebol gawang Thailand ketika bola yang dia tendang dari dalam kotak melenceng ke kanan gawang.

Menjelang turun minum, pemain China, Liu Yang mengancam gawang Thailand namun tendangannya dari luar kotak penalti mengirim bola jauh di atas gawang.

Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Thailand hingga turun minum.

Baru pada menit ke 67, China, lewat Xiao Zhi berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan jarak dekatnya.

Tak lama berselang, Chalermpong Kerdkaew membuat pelanggaran di dalam kotak penalti. Gao Lin tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan mengonversi hadiah penalti dari wasit untuk membalikkan kedudukan 2-1.

Tim asuhan pelatih Marcello Lippi itu berhasil mempertahankan keunggulannya hingga peluit panjang untuk meraih satu tiket ke perempat final Piala AFC Susunan pemain Thailand GK 23Sivarak Tedsungnoen DF 6Pansa Hemviboon DF 4Chalermpong Kerdkaew DF 16Mika Chunuonsee MF 3Theerathon Bunmathan MF 8Thitipan Puangchan MF 19Tristan Do MF 17Tanaboon Kesarat FW 18Chanathip Songkrasin FW 22Supachai Jaided FW 10Teerasil Dangda Pemain pengganti 12Chayanan Pombuppha 21Pokkhao Anan Susunan pemain China GK 1Yan Junling DF 5Zhang Linpeng DF 19Liu Yang DF 4Shi Ke DF 6Feng Xiaoting MF 11Hao Junmin MF 10Zheng Zhi MF 15Wu Xi FW 7Wu Lei FW 18Gao Lin FW 22Yu Dabao Pemain pengganti 8Zhao Xuri 16Jin Jingdao 9Xiao Zhi (A059).