Gempa tektonik terjadi di Kota Bandarlampung

id Gempa di Bandarlampung, kota Bandarlampung

Bandarlampung (Hisar Sitanggang/Antaralampung.com/)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan pada Rabu, 16 Januari 2019, pukul 19.51,23 WIB, di wilayah Telukbetung, Kota Bandarlampung terjadi gempa bumi tektonik.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto, dalam rilis diterima di Bandarlampung, Rabu, menyatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki kekuatan (Magnitudo) M=2,4.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,46 derajat Lintang Selatan (LS) dan 105,26 derajat Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km arah timur laut Pesawaran dan Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung pada kedalaman 2 km.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah tersebut.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Telukbetung II-III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami
    
Hingga pukul 20.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar