Wapres serahkan penghargaan Adipura

id Piala Adipura, Wapres serahkan Adipura

Wapres serahkan penghargaan Adipura

Wapres Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Adipura, di antaranya kepada Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, di Jakarta, Senin. (Ist)

 Jakarta (Antaranews Lampung) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan 146 penghargaan Adipura kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD yang berkontribusi pada pemeliharaan lingkungan hidup di daerah.      

"Bagi saya, ini rekor untuk memberikan penghargaan begitu banyak, lebih dari 100. Tapi ini adalah kebanggaan bahwa dengan usaha, kerja keras, kita semua dapat memperbaiki kehidupan di masyarakat," kata Wapres JK saat memberikan sambutan dalam penganugerahan Adipura di Jakarta, Senin.      
    
Wapres mengatakan penganugerahan Adipura kali ini berbeda dengan pemberian penghargaan serupa sebelumnya.         

Dulu, pemberian Adipura hanya didasarkan pada daerah yang mampu menjaga kebersihan. Kini, pemberian Adipura didasarkan pula pada daerah yang peduli dengan isu lingkungan hidup.         
  
 "Ada kemajuan dalam upaya kita, adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Karena, kebersihan lingkungan atau hal lain itu hanya dapat dilaksanakan apabila ada kerja sama antara pemerintah, masyarakat serta 'stakeholder'," jelas Wapres.     
     
 Meskipun jumlah penerima penghargaan Adipura tahun ini mencapai 146, Wapres mengingatkan  seluruh pemerintah daerah dan masyarakat bahwa pekerjaan rumah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup belum usai.         
  
 "Hal ini tentu membanggakan kita semua, namun tentu belumlah menjadi kepuasan karena masih banyak hal yang harus dikerjakan," ujarnya.         
  
 Adipura diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang meliputi satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, lima Plakat Adipura, serta penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah bagi 11 kabupaten/kota.