Dirjen PAS Akui Sel Tahanan Belum Bersih Narkoba

id belum bersih narkoba,dirjen pas,sri puguh budi utami,lapas way hui

Dirjen PAS Akui Sel Tahanan Belum Bersih Narkoba

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami menjawab pers usai memimpin apel Pakta Integritas di Lapas Way Huwi, Lampung Selatan, Senin (14/1). (Foto: Antaralampung.com/Damiri)

Sebanyak 115 ribu lebih penghuni lapas dan rutan adalah kasus narkoba, dan sebanyak 43 ribu lebih adalah pengguna. Belum lagi yang bandar ataupun pengedarnya, kata dia
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Dirjen Pemasyarakaran (PAS) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sri Puguh Budi Utami mengakui hingga saat ini kondisi di dalam sel tahanan belum bersih dari peredaran gelap narkoba, terutama melalui telepon selular.

"Saya selalu melakukan inspeksi mendadak ke lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan). Hal itu kita lakukan untuk mengantisipasi adanya peredaran narkotika melalui handphone," kata dia usai melakukan penadatanganan Pakta Integritas di Lapas Way Huwi, Lampung Selatan, Senin.

Belum bersihnya sel tahanan dari narkoba, kata Dirjen, karena lapas dan rutan banyak dihuni oleh narapidana adatu tahanan yang terlibat kasus narkoba.

"Sebanyak 115 ribu lebih penghuni lapas dan rutan adalah kasus narkoba, dan sebanyak 43 ribu lebih adalah pengguna. Belum lagi yang bandar ataupun pengedarnya," kata dia menerangkan.

Sri Puguh menambahkan untuk pengguna narkotika seharusnya dilakukan rehabilitasi, sebab jika tidak direhabilitasi pasti akan melakukan hal-hal untuk memenuhi kebutuhannya.

"Percayalah pasti mereka akan memenuhi kebutuhan mereka selama di dalam, apalagi sudah kecanduan yang luar biasa. Kita berupaya mendorong supaya mereka mendapat kesempatan untuk direhab kerja sama Kemenkes dan pihak-pihak yayasan lainnya," kata dia.