Pasca-tsunami, Lampung bangkitkan pariwisata

id Bangkitkan pariwisata lampung, akibat tsunami, gubernur lampung, menteri pariwisata

Pasca-tsunami, Lampung bangkitkan pariwisata

Gubenur Lampung M Ridho Ficardo (Antara Lampung/HO)

Langkah untuk memulihkan sektor pariwisata terutama kawasan pesisir diantaranya kampanye pariwisata Lampung
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Provinsi Lampung tak hanya dikenal sebagai penghasil kopi robusta terbesar di Tanah Air dan juga sejumlah komoditas andalan lainnya seperti lada, kakao, sawit, karet dan lain-lain.
       
Lampung juga memiliki panorama alam yang cukup indah termasuk objek wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia terutama wisata bahari seperti Pantai Tanjung Setia di Kabupaten Pesisir Barat,  Pahawang , Kiluan, Legundi (Pesawaran), dan beberapa objek wisata bahari lainnya disepanjang Teluk Lampung.
       
Bencana tsunami Selat Sunda akibat eruspi Gunung Anak Krakatau, pada Sabtu 22 Desember 2018 tak hanya mengakibatkan korban luka-luka maupun jiwa, namun juga telah meluluhlantakkan kawasan pesisir termasuk objek wisata baharinya.
       
Tsunami di kawasan pesisir Lampung terutama di Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus,  mengakibatkan sarana dan prasarana objek wisata pantai rusak. Tak hanya itu, terjangan tsunami yang menerjang kawasan pesisir membuat wisatawan enggan berkunjung ke Lampung.
       
Untuk membangkitkan kembali pariwisata, Provinsi Lampung tak berdiam diri dan melakukan langkah cepat memulihkan sektor pariwisata pascatsunami Selat Sunda.
       
"Langkah untuk memulihkan sektor pariwisata terutama kawasan pesisir diantaranya kampanye pariwisata Lampung," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, di Bandarlampung, Sabtu (12/1).
       
Caranya, lanjut dia, mengkampanyekan pariwisata Lampung dengan hashtag #LampungItuKerreen dan penyelenggaraan Lampung Great Sale dengan menerapkan penawaran paket wisata hot deals bekerjasama dengan hotel/restoran.
       
Kemudian, travel agent dan maskapai penerbangan untuk memberikan harga terbaik dengan tidak menurunkan kualitas pelayanan. 
       
"Kami juga melakukan aksi bersih-bersih pantai, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan pariwisata, media dan travel blogger guna membentuk image/citra pariwisata Lampung yang nyaman untuk berwisata," ujar Ridho.
       
Selain itu, menurutnya, melakukan recovery amenitas, infrastruktur di daerah terdampak termasuk relaksasi sektor keuangan dan pembiayaan untuk industri pariwisata menata sarana dan prasarana destinasi wisata yang terkena dampak tsunami.
       
"Penyediaan amenitas pariwisata pada Februari dan April 2019 melalui APBD Provinsi Lampung," ujarnya.
       
Ridho menjelaskan, sejauh ini, tercatat kebutuhan dukungan recovery amenitas destinasi wisata di Lampung Selatan sebesar Rp7,95 miliar,                 
       
Kemudian, kebutuhan kapal wisata/nelayan, PLTS di Legundi, Pesawaran Rp11,25 Miliar, kebutuhan kapal wisata/nelayan, bantuan recovery homestay, dan dermaga jeti di Kiluan sebesar Rp4 Miliar.
       
Selain itu, juga dilakukan pelatihan kepada masyarakat di sekitar destinasi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.
       
Bimtek pengelola homestay, bimtek pengembangan sadar wisata dan sapta pesona (Maret 2019), pelatihan chef.    
       
Kementerian Pariwisata memberikan dukungan trauma healing berupa gerakan sadar wisata, peningkatan kapasitas usaha masyarakat, dan sertifikasi kepemanduan wisata dan tour leader umroh sebesar Rp1,071 Miliar.
       
Ridho menambahkan, untuk menjadikan kawasan pesisir Rajabasa, Lampung Selatan, menjadi kawasan pariwisata dan zona hijau dibutuhkan dukungan kajian/masterplan kawasan wisata dan zona hijau pesisir Rajabasa, yang dilengkapi dengan mitigasi bencana.
       
"Kami juga akan terus mengoptimalkan promosi pariwisata dengan memperkuat branding pariwisata Lampung melalui media massa, media sosial," tambahnya.

          
      Dukungan Menteri Pariwisata

      Menteri Pariwisata Arif Yahya memuji reaksi cepat Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam memulihkan pariwisata Lampung pasca musibah tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember 2018 lalu. 
      "Kami sengaja mengundang gubernur Lampung dalam rakor pemulihan sektor pariwisata pascatsunami Selat Sunda di Marbella Convention Hotel Anyer, Serang, Banten, guna membangkitkan kembali pariwisata Lampung,"  kata Arief Yahya, beberapa waktu lalu.
      Menteri Arief Yahya mengatakan bahwa, tak semua area Banten dan Lampung objek wisatanya terdampak tsunami. Gubernur Lampung, telah melakukan berbagai langkah untuk pemulihan objek wisata khususnya pesisir.
      Ia juga mengatakan bahwa Kemenpar bersama pemangku kepentingan pariwisata menyiapkan sejumlah rencana aksi untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata di kedua daerah tersebut. 
      Rencana aksi akan difokuskan untuk pemulihan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan kepariwisataan, strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak, serta pemulihan destinasi pariwisata yang terdampak.
      Arief Yahya menjelaskan, diantara rencana aksi pemulihan akibat tsunami Selat Sunda itu, perlu ada relaksasi bagi industri pariwisata.
      Kementerian Pariwisata telah mengusulkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak terkait untuk memberi relaksasi di bidang keuangan termasuk cicilan ke bank. 
      Dalam masa recovery Kemenpar menyiapkan 23 kegiatan yang berlangsung di dalam negeri dan mancanegara (20 kegiatan di Tanah Air dan 3 kegiatan di Malaysia). 
      "Kita menyiapkan sejumlah aksi dalam mendukung strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak tsunami Selat Sunda yang terbagi dalam 23 kegiatan," ujarnya.
      Pada pemulihan destinasi yang tidak terdampak di Banten dan Lampung Selatan tersebut diupayakan dilakukan penumbuhan kepercayaan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) untuk berkunjung ke pesisir Pantai Selat Sunda. 

      Festival Krakatau

      Pemerintah Provinsi Lampung tetap akan menggelar Festival Krakatau 2019, kendati tsunami Selat Sunda akibat erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) menerjang kawasan pesisir Lampung, pada Sabtu (22/12) lalu.    
     "Festival Krakatau merupakan agenda rutin Pemerintah Provinsi Lampung. Bahkan sudah masuk kalender pariwisata nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto, di Bandarlampung, pekan lalu.
      Ia menyebutkan, rangkaian kegiatan seperti pada Festival Krakatau sebelumnya juga akan tetap digelar, termasuk mengunjungi Gunung Anak Krakatau. Menurutnya, mengunjungi GAK akan menjadi daya tarik sendiri terutama wisatawan untuk melihat secara langsung pascaerupsi yang menyebabkan tsunami.   
      Namun demikian, lanjutnya, Pemprov Lampung akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu, seperti BMKG dan BKSDA setempat.  "Saya berharap status level GAK akan terus turun dari siaga menjadi waspada. Sehingga pada Festival Krakatau nanti wisatawan dapat mengunjungi gunung tersebut, dengan terlebih dahulu mendapatkan izin pihak terkait," ujarnya.     
      Di sisi lain ia mengakui, bencana tsunami yang menerjang kawasan pesisir Lampung berdampak pada kunjungan wisatawan  bahari di daerah setempat.  "Lampung banyak memiliki objek wisata pantai. Terjangan tsunami yang menerjang kawasan pesisir membuat membuat wisatawan enggan berkunjung ke Lampung," kata  Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung itu. 
      Dampak musibah tsunami di beberapa wilayah Lampung membuat banyak calon wisatawan menarik diri atau melakukan pembatalan perjalanan wisata ke daerah setempat.       Menurutnya, status GAK yang masih di level siaga III, membuat wisatawan enggan melakukan kunjungan ke pantai maupun pulau-pulau yang menjadi destinasi wisata di Lampung.      Padahal, lanjutnya, objek wisata bahari  tersebut tidak terdampak bencana tsunami.     
     Untuk meningkatkan kembali minat wisatawan berkunjung ke objek wisata tersebut, pihaknya akan banyak menggelar kegiatan agar wisata di Lampung kembali bergairah pascatsunami.    
      "Kami bersama pemangku kepentingan, pada 10 Januari 2019 mengadakan kegiatan bersih pantai di Pulau Pahawang, untuk menunjukkan agar wisatawan jangan takut berkunjung ke Lampung," katanya. 
       Budiharto menjelaskan, wisata di Lampung bukan hanya pantai, banyak wisata lain yang tidak kalah menarik dan banyak dikunjungi wisatawan seperti Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur dan juga wisata kuliner khas Lampung.
      Ketua PHRI Lampung, Hariadi Sukamdani, mengatakan, wisata di Lampung bukan hanya pantai, banyak objek wisata lain seperti wisata alam, seni dan budaya.  
      "Harus ada re-branding wisata Lampung guna menggairahkan wisata Lampung kembali," ujarnya.        
      Saat ini, lanjutnya, pelaku wisata di Lampung juga harus fokus pada wisatawan nusantara seperti wisatawan dari Palembang, Bandung, Jakarta dan Yogja untuk meningkatakan kunjungan wisatawan.   
      Mengingat, selanjutnya, Lampung merupakan daerah potensial yang sedang menuju era keemasan di sektor pariwisata ditengah semakin majunya jalur transportasi yang dimilikinya.  "Akses infrastruktur di Lampung cukup baik, seperti jalan tol, dermaga eksekutif Bakauheni, dan bandara internasional," tambahnya.
      Pemerintah Provinsi Lampung secara masif telah berupaya untuk membangkitkan kembali wisata Lampung, dan semua berharap pariwisata Lampung akan kembali bangkit pascatsunami.