Tim Kemanusiaan PKBI Lampung Bantu Korban Tsunami Lampung Selatan

id Tim Kemanusiaan PKBI Lampung, PKBI Lampung, PKBI

Tim Kesehatan PKBI Lampung sedang melayani balita anak keluarga terdampak tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Tim Kemanusiaan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Lampung dengan dukungan sejumlah pihak menerjunkan personel untuk membantu korban terdampak tsunami Selat Sunda di pesisir Kabupaten Lampung Selatan.

Direktur Pelaksana Daerah PKBI Lampung Dwi Hafsah Handayani, mendampingi Ketua PKBI Lampung dr Wirman, di Bandarlampung, Kamis (10/1), menjelaskan secara bergelombang personel Tim Kemanusiaan PKBI Lampung telah diterjunkan ke lokasi pengungsian beberapa desa di Kabupaten Lampung Selatan sejak awal Januari 2019 dan masih akan bekerja tahap awal hingga 12 Januari nanti.

"Kami fokus pada bantuan dan dukungan medis serta perawatan kesehatan korban tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan, khususnya kaum ibu, wanita hamil dan baru melahirkan, balita dan anak-anak," ujar Hafsah lagi.

Menurut Hafsah, dengan dukungan PKBI Nasional dan beberapa lembaga terkait, pihaknya juga berencana memberikan dukungan layanan kebutuhan sanitasi bersih, seperti toilet bergerak dan sarana pendukung keperluan sehari-hari bagi para pengungsi yang belum bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Para pengungsi itu berpotensi terkena sakit, mengingat kondisi lingkungan sekitarnya kurang sehat serta sarana kebutuhan sehari-hari tak tersedia secara memadai karena berada di pengungsian," ujar Hafsah lagi.

Pelaksana Lapangan Tim Kemanusiaan PKBI Lampung Rachmad Cahya Aji (Leader) menambahkan, sejak awal Januari secara rutin pihaknya terjun ke lokasi pengungsian warga korban tsunami di Lampung Selatan.

Menurutnya, tim kemanusiaan awal yang diterjunkan, selain dirinya, juga ditopang anggota tim, yaitu Evi Yuliana (bidan), Hanna Insani Vedy (dokter), Ajeng Defriyanti Pusparini (dokter), Ria Silsilyani (youth leader), dan Ngadiman (driver).

Anggota Tim Kemanusiaan PKBI Lampung sesi 1 itu telah bekerja selama lima hari dari tanggal 3 sampai dengan 7 Januari 2019.

"Kami berterima kasih atas dukungan anggota tim dan semua pihak yang telah membantu tim kemanusiaan korban tsunami di Lampung Selatan ini," kata Aji pula.

Selanjutnya, pihaknya menerjunkan Tim Kemanusiaan PKBI Lampung sesi 2, yang bekerja mulai 8 sampai dengan 12 Januari 2019.

Tim dari PKBI Lampung itu, antara lain memberikan layanan kesehatan dan bantuan medis di posko pengungsian Desa Way Muli, Lampung Selatan, termasuk memberikan layanan medis dan nonmedis kesehatan reproduksi bagi korban terdampak tsunami di Lampung Selatan.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan dan Kespro Tim Kemanusiaan PKBI Lampung dilakukan secara terpadu di Posko Kesehatan dan Mobile, termasuk terjun ke lokasi pengungsian di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan dan sekitarnya.

 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar