Panglima TNI: Taman Halim Sarana Edukasi

id panglima tni, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,taman halim, sarana edukasi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berbincang dengan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI M Tonny Harjono di sela acara peresmian Taman Halim yang terletak sebelah Museum Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019). (Dok. Penerangan Halim Perdanakusuma)

Taman Halim ini yang dapat difungsikan sebagai taman edukasi bagi masyarakat umum, terutama bagi pengunjung Museum Lanud Halim Perdanakusuma, kata Panglima.
Jakarta (Antaranews Lampung) - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, hikmah pembangunan Taman Halim yang terletak sebelah Museum Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dapat dijadikan sarana rekreasi dan edukasi bagi masyarakat.

"Di Lanud Halim Perdanakusuma terdapat tiga situs yang dapat dipertahankan, salah satunya Tugu Sayap Sebelah yang diresmikan pada 1955, monument Jalaludin Tantu yang dibangun di depan hanggar Skadron Udara 31, dan hari ini kita juga meresmikan satu monumen pesawat Foker 28 (F28) di Taman Halim, dan agar tetap di pertahankan dan dijaga, katanya saat meresmikan Taman Halim yang terletak sebelah Museum Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa.

Seperti dalam rilis dari penerangan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, menyebutkan, bahwa sebagai jalur yang dilewati tamu negara dan pejabat negara, Lanud Halim selalu berbenah, termasuk menyulap 16 rumah prajurit TNI- AU untuk dijadikan sebagai Taman Halim.

"Taman Halim ini yang dapat difungsikan sebagai taman edukasi bagi masyarakat umum, terutama bagi pengunjung Museum Lanud Halim Perdanakusuma," kata Panglima.

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI M Tonny Harjono, menjelaskan, bahwa Taman Halim mulai dibangun pada awal Agustus 2018 dan selesai pada akhir Desember 2018, dengan menempati lahan seluas sekitar 5000 meter persegi.

"Ini merupakan tujuan kita mendirikan Taman Halim, disamping untuk keindahan karena banyak tamu VVIP, Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri yang hampir setiap minggu melintasi depan taman Halim ini," katanya.

Dengan selesainya pembangunan Taman Halim ini, kata Tonny, akan memiliki banyak fungsi yaitu, sebagai taman rekreasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana wisata sejarah TNI- AU, khususnya Lanud Halim Perdanakusuma.

Taman Halim ini juga sebagai sarana pembinaan potensi dirgantara, terutama bagi siswa-siswa yang sedang melaksanakan kunjungan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Selain itu, Taman Halim ini akan memberikan makna yang cukup mendalam bagi pihak TNI- AU, karena keberadaan pesawat VIP F-28 merupakan armada angkut VIP dan telah menjadi salah satu ujung tombak bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI di Udara.
 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar