Yordania Pukul Juara Bertahan Australia 1-0

id Piala Asia, Jordania pukul juara bertahan

Yordania Pukul Juara Bertahan Australia 1-0

Bek Australia Aziz Behich sedang mencoba melepaskan diri dari kawalan pemain Jordania dalam pertandingan Grup B Piala Asia yang dimainkan pada Minggu (6/1/2019). ( (twitter.com/afcasiancup)

Jakarta (Antaranews Lampung ) - Yordania mengamankan tiga poin setelah mempecundangi juara bertahan Australia dengan skor 1-0 dalam pertandingan Grup B Piala Asia yang dimainkan di Stadion Hazza Bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Minggu malam WIB.

Gol semata wayang di laga ini dibukukan oleh bek tengah Anas Bani Yaseen pada menit ke-26, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Berbekal hasil ini Yordania memuncaki klasemen sementara Grup B dengan koleksi tiga poin, sedangkan Socceroos harus menduduki posisi juru kunci, meski dua tim lain di grup ini, Palestina dan Suriah, belum bertanding.

Australia tampil gugup sejak awal dan penampilan kurang meyakinkan mereka membuat Socceroos harus kemasukan pada menit ke-26, ketika Bani Yaseen sukses menanduk bola tendangan sudut Mousa Suleiman.

Yordania bahkan hampir menggandakan keunggulan empat menit berselang, ketika kiper Mathew Ryan menepis tendangan bebas Baha Abdel-Rahman ke arah tiang gawang.

Pasukan Graham Arnold mendapat peluang melalui sepakan Awer Mabil, meski mereka kurang beruntung karena tidak mendapat hadiah penalti untuk apa yang terlihat sebagai handball oleh Feras Shilbaya beberapa saat sebelum turun minum.

Chris Ikonomidis masuk menggantikan Robbie Kruse pada babak kedua dan pemain sayap Perth Glory itu segera menebar ancaman menyusul tembakan dari Tom Rogic, yang kemudian menyia-nyiakan peluang yang lebih baik pada 20 menit terakhir.

Namun meski mendominasi penguasaan bola dan wilayah, Australia tidak banyak menciptakan peluang selain tembakan Mabil dan penyelesaian Jamie Maclaren yang tidak disahkan karena offside.

Ikonomidis dan Jackson Irvine berupaya keras menyamakan kedudukan pada fase akhir laga, namun kiper Amer Shafi mampu melakukan penyelamatan ganda untuk mengamankan tiga poin bagi timnya.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC: Australia (4-2-3-1): Ryan, Risdon (Grant 46'), Sainsbury, Degenek, Behich, Luongo (Irvine 74'), Milligan, Mabil, Rogic, Kruse (Ikonomidis 55'), Maclaren Yordania (4-2-3-1): Shafi, Shelbaieh, Khattab, Bani Yaseen, Al Ajalin, Abdulrahman, Murjan (Samir 90'), Al Rawashdeh, Al Bakheet (Hamdouni 88'), Baniateyah, Al Taamari (Faisal 72')