Pemerintah Desa Labuhanratu IX Lamtim Laksanakan Jambanisasi

id Jambanisasi Desa Labuhanratu IX, Jambanisasi Labuhanratu IX, Jambanisasi Lamtim

Pemerintah Desa Labuhanratu IX Lamtim Laksanakan Jambanisasi

Pemerintah Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur bertekad mewujudkan masyarakatnya bebas Jamban/WC cemplung pada tahun 2019 dengan melaksanakan Program Jambanisasi. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Program jambanisasi ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, agar tidak buang air besar sembarangan atau menggunakan WC cemplung yang kurang sehat dan akan mencemari lingkungan, ujarnya
Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Pemerintah Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Labuhanratu, di Kabupaten Lampung Timur bertekad mewujudkan masyarakatnya bebas jamban/WC cemplung pada tahun 2019 dengan melaksanakan Program Jambanisasi pada tahun ini.

"Sebenarnya desa kami sudah punya sertifikasi bebas WC cemplung pada tahun 2015, tapi sekarang kan 2018 ada rumah tangga baru yang kurang mampu masih pakai WC cemplung, WC cemplung kan mengganggu baunya, mencemari lingkungan, sekarang kami membantu membuatkan jamban sehat," kata Ermanita, Kepala Desa Labuhanratu IX, di Lampung Timur, Senin (31/12).

Ermanita menyatakan pemerintah desanya bertekad mewujudkan program bebas wc cemplung pada tahun 2019 dengan membuat program jambanisasi.

"Program jambanisasi ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, agar tidak buang air besar sembarangan atau menggunakan WC cemplung yang kurang sehat dan akan mencemari lingkungan," ujarnya.

Ermanita menyebutkan, pada tahun 2018 pemerintah desanya sudah menganggarkan pembangunan 10 unit jamban sehat bagi rumah tangga baru yang belum mampu, dan akan bertambah pada tahun 2019, sehingga desanya bebas dari WC cemplung.

Sepanjang tahun 2018, program pembangunan yang dijalankan Pemerintah Desa Labuhanratu IX di antaranya kegiatan pembuatan instalasi gas/biogas dari kotoran ternak sapi bagi enam rumah tangga masyarakat, pembuatan sarana olahraga jogging track dalam rangka mendukung gaya hidup sehat masyarakat melalui program gotong royong desa membangun masyarakat (GGRM), dan pelaksanaan Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Dana Desa/DD.
(BB-ADV)
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022