Anak Krakatau Keluarkan Ratusan Kali Letusan Dalam Sehari

id gunung anak krakatau,keluarkan letusan,erupsi krakatau,ratusan kali letusan,bmkg

Anak Krakatau Keluarkan Ratusan Kali Letusan Dalam Sehari

Pantauan kondisi terkini Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-BMKG)

Kalau malam kelihatan jelas, sampai ada kilatan petirnya, kata dia
Lampung Selatan (Antaranews Lampung ) - Aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan pantai selatan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung masih terus bererupsi dengan mengeluarkan ratusan kali letusan dalam waktu sehari.
   
"Kalau berapa kalinya saya gak ngitung, tapi ada ratusan kali dalam sehari," kata salah satu warga Desa Way Muli Timur,  Samaun di Lampung Selatan, Sabtu.
    
Ia mengatakan, erupsi yang dikeluarkan GAK terbanyak pada malam hari, bahkan  sejak terjadinya bencana tsunami, GAK lebih parah mengeluarkan erupsi dari biasanya.
     
"Kalau malam kelihatan jelas, sampai ada kilatan petirnya," kata dia.
    
Dampak dari erupsi yang dikeluarkan GAK seperti debu vulkanik, sebarannya belum sampai wilayah Lamsel. Dampak yang dirasa warga sekitar hanya berupa getaran.
     
"Kalau debu belum, mungkin karena anginnya juga ke arah sana (barat). Tapi kalau getarannya terasa seperti kaca rumah bisa getar akibat erupsi yang dikeluarkan GAK," kata dia.
    
Fajri, warga Way Muli lainnya menjelaskan, erupsi yang dikeluarkan GAK sudah terjadi sejak lama. Namun baru-baru ini sejak terjadinya tsunami GAK mengeluarkan erupsi dibarengi dengan semburan percikan api.
     
"Akibat erupsi terus menerus, mungkin telah menyebabkan terjadinya tsunami. Padahal tidak ada gempa. Biasanya kan gempa dulu," kata dia.
    
Sementara itu, suara gemuruh masih terus terdengar dari eruspi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.
    
Kepala Bidang informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dr Daryono dalam keterangan persnya Jumat (28/12) menyebutkan suara tersebut sumbernya dari aktivitas GAK.
     
GAK yang statusnya sudah ditingkatkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III), masih mengalami erupsi yang diiringi suara gemuruh. Bersama suara gemuruh tersebut, sensor gempa BMKG mendeteksi getaran.
     
Sensor seismik BMKG yang berada di Liwa merekam getaran bersamaan dengan suara gemuruh yang terdengar oleh petugas BMKG Stasiun Geofisika Liwa, Lampung Barat, pada 25 Desember sekitar pukul 22.00 WIB dan 26 Desember pukul sekitar 20.40 WIB.
    
Beberapa warga Lampung pada 25 dan 26 Desember mendengar suara gemuruh. Demikian pula warga yang masih bertahan di Pulau Sebesi, gugusan pulau di Selat Sunda yang dekat dengan GAK.
    
Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Andi Suardi, juga menyatakan suara gemuruh hingga Rabu dini hari masih terdengar dari Anak Krakatau.
     
BMKG bersama Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau dan dampaknya serta meminta warga tetap tenang namun waspada.