Baznas Tangani 69 Pengungsi Terserang Beragam Penyakit

id tsunami selat sunda, tim baznas,pengungsi sakit

Baznas Tangani 69 Pengungsi Terserang Beragam Penyakit

Posko Baznas bencana Tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan (Antaranews Lampung/Dian Hadiyatna)

Masih seperti kemarin hanya penyakit biasa, dan belum ada yang terkena penyakit parah
 Lampung Selatan (Antaranews Lampung) - Tim Respon Lapangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat menangani sebanyak 69 pengungsi korban tsunami Selat Sunda di Desa Sukaraja, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung karena  terserang beragam  Penyakit.

"Kita sudah tangani pengungsi yang terserang penyakit sebanyak 69 orang dari kalangan dewasa hingga anak-anak," kata Tim Respon Lapangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat Gunawan di Lampung Selatan, Jumat (28/12).

Menurut Gunawan, pengungsi yang terserang penyakit masih didominasi dari penyakit gatal-gatal, sakit kepala, cacar, dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

"Masih seperti kemarin hanya penyakit biasa, dan belum ada yang terkena penyakit parah," kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya telah menambah satu dokter dan delapan perawat bantuan dari Provinsi Lampung. Penambahan medis diharapkan dapat membantu korban bencana tsunami yang sedang mengungsi di pegunungan atau  dataran tinggi.

"Kemarin kita hanya ada satu dokter dan dua perawat. Alhamdulillah ada bantuan medis dan kita bisa membantu korban-korban bencana tsunami," kata dia menerangkan.

Sebelumnya, memasuki hari ketiga pascabencana tsunami, Baznas telah menangani korban di Pesisir Sukaraja, Kecamatan Rajabasa sebanyak 64 pengungsi.

Pengungsi umumnya terkena berbagai penyakit mulai dari cacar, gatal-gatal hingga Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).