Baznas: Sebagian Pengungsi Belum Terjamah Bantuan

id Tsunami Selat Sunda, posko baznas, dapur umum

Baznas: Sebagian Pengungsi Belum Terjamah Bantuan

Posko Baznas bencana Tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan (Antaranews Lampung/Dian Hadiyatna)

sejak Senin (24/12 warga di kawasan Pantai Sukaraja hingga ujung perairan Pantai Kunjir sebagian mengungsi ke daerah pegunungan
Bandarlampung (Antaranews Lampung ) - Korban tsunami di pesisir Pantai Kunjir, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, yang mengungsi di pegunungan belum terjamah bantuan menurut tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Dari awal sampai ujung lokasi bencana tsunami memang ada posko bantuan, cuma belum menjangkau semuanya. Kami pernah mengecek salah satunya di Pantai Kunjir, khususnya warga yang mengungsi di pegunungan, ternyata benar," kata Tim Respons Lapangan Baznas Pusat Gunawan di Lampung Selatan, Rabu (26/12).

Gunawan menjelaskan sejak Senin (24/12 warga di kawasan Pantai Sukaraja hingga ujung perairan Pantai Kunjir sebagian mengungsi ke daerah pegunungan.

"Itu juga yang menjadi faktor (penyebab mereka) tidak terjangkau bantuan bagi pengungsi. Karena, jika pengungsi membutuhkan makanan maka mereka harus turun, sedangkan relawan di posko-posko tidak ingin mengantarkan ke atas pegunungan," kata dia.

Guna mengatasi masalah tersebut, Baznas berencana menambah satu posko bantuan di kawasan Pantai Kunjir dan Pantai Sukaraja untuk memastikan pengungsi yang membutuhkan bantuan bisa mendapatkannya.

"Kita juga akan buka posko kesehatan di Pantai Sukaraja dan juga posko di Pantai Kunjir, kita akan mendirikan satu dapur umum," katanya.

"Kita juga akan memasok logistik langsung kepada warga untuk memastikan benar-benar sampai," Gunawan menambahkan.

Ia mengatakan tim Baznas juga akan menyediakan obat-obatan untuk membantu warga yang mengalami masalah kesehatan selama dalam pengungsian.

"Kebanyakan orang tua dan anak-anak yang menderita ISPA dan gatal-gatal. Kita juga akan melihat realitanya, jika memang membutuhkan kita juga akan memasok alat rumah tangga demi kebutuhan dapur umum," kata dia.