BMKG: Gempa 3.5 SR Senin Tengah Malam

id Gempa Lampung, Tsunami,Tsunami Selat Sunda

BMKG: Gempa 3.5 SR Senin Tengah Malam

BMKG menyampaikan adanya gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 3,5 skala Richter (SR), Senin (24/12), pukul 23.36,04 WIB, di Barat daya Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. (Foto: ANTARA Lampung/Ist-BMKG)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi telah terjadi gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 3,5 skala Richter (SR), Senin (24/12), pukul 23.36,04 WIB, di Barat daya Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Menurut BMKG, dalam rilis diterima di Bandarlampung, Minggu pagi, lokasi gempa itu pada koordinat 6.14 derajat Lintang Selatan (LS) 104.71 Bujur Timur (BT) sejauh 82 km barat daya Pesawaran, Lampung. Kedalaman pusat gempa 9 km.

Sejumlah warga di beberapa tempat di Lampung sempat mempertanyakan berbagai informasi simpang siur berkaitan adanya gempa dan potensi ancaman tsunami di wilayah mereka, seperti warga di Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Kota Bandarlampung, menyusul adanya bencana tsunami Selat Sunda, Sabtu (22/12) malam lalu.

Bahkan sejumlah warga itu memilih untuk keluar rumah mereka yang berada di kawasan pantai, untuk mengungsi ke tempat lain yang lebih tinggi, Senin malam hingga Selasa (25/12) dini hari.

"Tengah malam ini kami memilih mengungsi dari rumah, karena informai ada gempa dan akan terjadi tsunami lagi," ujar Asim, salah satu warga Telukbetung, Bandarlampung.

Dia menuturkan, warga sekitar rumahnya juga berbondong-bondong keluar rumah untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena mendapatkan informasi tersebut.