PT ASDP Bakauheni Bersiap Layanan Natal-Tahun Baru

id Asdp, angkutan natal l

PT ASDP Bakauheni Bersiap Layanan Natal-Tahun Baru

Penampakan dermaga Vii Bakauheni Lampung Selatan yang akan diresmikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 dan segera bisa digunakan penumpang. (Foto Humas PT ASDP Bakauheni)

Sehari kami operasikan lima kapal, jadi satu dermaga mengoperasikan lima kapal, dalam kondisi normal sehari 30 kapal yang beroperasi
Lampung Selatan (Antaranews Lampung ) - Menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni, di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung menambah fasilitas penyeberangan seperti loket penumpang, loket kendaraan, dan armada kapal penyeberangan.

"Fasilitas yang kami sediakan menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, PT ASDP Bakauheni menambah loket, loket penumpang dari yang ada lima loket menjadi 10, jadi ditambah lima loket," kata Syaifullahil Maslul, Humas PT ASDP Cabang Bakauheni, dihubungi dari Lampung Timur, Selasa.

Dia menyebutkan, penambahan loket itu untuk kendaraan roda dua, dari satu loket ditambah enam, sehingga menjadi tujuh loket. Lalu, loket kendaraan roda empat, dari delapan ditambah dua, sehingga menjadi 10 loket.

Sedangkan untuk armada kapal yang akan dioperasikan sebanyak 68 unit, dengan enam dermaga siap melayani. Dalam situasi normal, sehari PT ASDP Cabang Bakauheni mengoperasikan 30 unit armada kapal.

"Sehari kami operasikan lima kapal, jadi satu dermaga mengoperasikan lima kapal, dalam kondisi normal sehari 30 kapal yang beroperasi," ujarnya pula.

Menurut Syaifullahil, tambahan fasilitas tersebut efektif pada Kamis (20/12) ini.

Terkait animo masyarakat yang akan menyeberang menggunakan transportasi kapal feri Bakauheni-Merak (Banten) pada Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 nanti, PT ASDP memperkirakan akan meningkat sekitar lima persen dari tahun 2017.

Dia memperkirakan pula, peningkatan jumlah penumpang itu bisa bertambah, menyusul akan diresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (22/12).

"Animo itu bisa lebih meningkat menyusul Tol Trans Sumatera yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, karena akan banyak masyarakat yang mau mencoba jalan tol, baik dari Sumatera maupun sebaliknya dari Pulau Jawa," ujarnya lagi.