Waykanan Gelar Festival Bonsai Kelapa

id BONSAI KELAPA

Waykanan Gelar Festival Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa. (Antaralampung/istImewa)

Waykanan (Antaranews Lampung) –  Komunitas Bongsai Kelapa Kabupaten Waykanan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat mengadakan Festival Bonsai Kelapa dari 17-18 Desember 2018. 

“Kita bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten setempat untuk mengadakan fetival bonsai kelapa. Ini merupakan wadah untuk menyalurkan hobi para penggemar bonsai kelapa tersebut,” ujar Koordinator Komunitas Bonsai Kelapa Waykanan Edward Apriadi, di Blambangan Umpu, Senin. 

Menurutnya, festival bonsai kelapa  pada tahun 2018 ini masih diikuti oleh peserta dari Kabupaten Waykanan. 

Untuk peserta yang sudah mendaftar sampai saat ini, berjumlah 30 orang yang berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Waykanan dan para penggemar bonsai kelapa. 

Bonsai kelapa atau kelapa hias saat ini tengah digemari sejumlah anggota masyarakat dan pemuda di Kabupaten Waykanan.

“Jadi sangat bagus kegiatan ini, khususnya para penggemar bonsai kelapa,” katanya

Edwar menjelaskan, sebagian banyak orang menganggap  kelapa hanya untuk tumbuhan biasa yang bisa digunakan untuk menjadi santan, air duga dan lainnya. Tetapi kelapa memiliki nilai keindahah dan bernilai ekonomis tinggi, di tangan  penggiat bonsai kelapa Waykanan  anakan kelapa bisa disulap menjadi tanaman bernilai keindahan .

Festival dan pameran bonsai kelapa ini merupakan pertama yang diadakan oleh komunitas bonsai dan Pemerintah Kabupaten Waykanan untuk bisa saling kenal, dan menjadi ajang silaturahim antarsesama pengrajin bonsai kelapa. 

Ajang kreativitas ini dapat berdampak positif bagi Kabupaten Waykanan sehingga dapat menambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat. kedepan target yang Komunitas Bonsai Kelapa Waykanan yakni menjadikan tanaman hias ini sebagai salah satu Ikon Bumi Ramik Ragom serta dapat dijadikan cindera mata untuk tamu daerah yang berkunjung di kabupaten ini.

“Dari ratusan anggota komunitas bonsai kelapa yang sudah terinventarisasi. kita menargetkan 200 hingga 300 bonsai yang akan berpartisipasi dalam pameran, ”ungkapnya

Lebih jauh dijelaskannya penggiat ,bonsai kelapa  memanfaatkan kelapa untuk membuat tanaman hias yaitu bonsai kelapa yang dapat mempercantik rumah maupun taman,  pohon kelapa dipilih karena kelapa adalah pohon yang mudah tumbuh di mana saja dan mudah dibudidayakan.*