China Nyatakan Menang Telak Melawan Korupsi

id China, pemberantasan korupsi

Presiden Cina Xi Jinping dan istrinya Peng Liyuan (KCNA via REUTERS)

Beijing (Antaranews Lampung) - Presiden China Xi Jinping menyatakan "kemenangan luar biasa" dalam perjuangannya memberantas korupsi di dalam tubuh Partai Komunis China, yang berkuasa, sementara masih bertekad melanjutkan penumpasan korupsi sampai ke akar-akarnya, kata media negara.

Xi berjanji memerangi korupsi sampai terhapus di semua tingkatan Partai Komunis, dari kelas "macan" di tingkat tinggi hingga "nyamuk" di tingkatan bawah.

Dia menyatakan dalam pertemuan kepemimpinan tertinggi partai itu pada Oktober 2017 dua kali dalam satu dasawarsa bahwa perjuangannya melawan korupsi telah mencapai "momentum luar biasa".

Namun, Xi mengumumkan di pertemuan Politbiro partai pada Jumat, perjuangan tersebut sekarang sudah memperoleh "kemenangan luar biasa", kata lembaga penyiaran CCTV.

Pergeseran dari "momentum" ke "kemenangan" mencerminkan penilaian penting dari kepemimpinan partai, kata CCTV.

Komite pemberantasan korupsi yang kuat di China menangani 464.000 kasus dan menghukum 406.000 orang dalam sembilan bulan pertama tahun 2018.

"Kami harus mengurangi jumlah kasus dan secara efektif menghentikannya jangan sampai berkembang," kata Politbiro yang dikutip CCTV.

Xi mengatakan usaha memperbaiki arsitektur antikorupsi China secara ekstensif harus terus berlanjut untuk memodernisasi sistem pengawasan bagi anggota partai dan pegawai negara.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar