Pemkot dan Polresta bersiap hadapi bencana alam

id Bencana alam, banjir, Herman HN

Pemkot dan Polresta bersiap hadapi bencana alam

Pemerintah Kota Bandarlampung dan Polresta setempat mengadakan apel siap siaga menghadapi bencana alam (Dian Hadiyatna/Antaranews Lampung)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung dan Polresta setempat mengadakan apel siap siaga menghadapi bencana alam di wilayah Kota Bandarlampung.
   
Apel itu digelar di Mapoleresta Bandarlampung, Jumat, dan dihadiri Wali Kota Bandarlampung Herman HN.
   
Menurut Wali Kota, menghadapi bencana alam butuh kebersamaan antardinas terkait, termasuk TNI - Polri.
   
"Apabila terjadi bencana di wilayahnya, masyarakat Kota Bandarlampung dapat cepat  menelpon call center BPBD, Polres dan instansi terkait lainnya, dan mereka iap 24 jam," katanya.
   
Ia menjelaskan bahwa dengan saling bergotong royong antara semua instansi pemerintahan terkait dangan elemen masyarakat, maka kemungkinan bencana alam dapat ditangani lebih cepat.
   
Sementara itu Kapolresta Bandarlampung Kombes Wirdo Nefisco mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan dan menyiapsiagakan personel Polri dan instansi terkait yang memiliki kopetensi, dalam menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi di wilayah Kota Bandarlampung.
   
Pemerintah Kota Bandarlampung dan Polresta setempat mengadakan apel siap siaga menghadapi bencana alam (Dian Hadiyatna/Antaranews Lampung)

"Kegiatan ini untuk menyiapsiagakan semua pihak terkait sebagaimana amanat UU RI Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana," katanya.
   
Wirdo menjelaskan, bencana alam merupakan pristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan dampak fisik dan non fisik kepada para korban, sehingga perlu penangan serta penanggulangan yang tepat sasaran agar dapat meminimalkan dampak buruk bagi para korban bencana.
     
ia berharap dengan dilaksanakan apel menghadapi bencana alam maka semua instansi pemerintahan selaku pengayom dan pelindung masyarakat, lebih peka terhadap permasalahan - permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutama saat terjadi bencana alam.  

Baca juga: Dishub Bandarlampung Siapkan 200 Personel Jelang Natal
Baca juga: Pemkot Apresiasi Kerja Sama KAI dan Damri