Kemenhub tinjau persiapan transportasi jelang Natal

id kepala dinas perhubungan, provinsi lampung, qodratul ikhwan

Kemenhub tinjau persiapan transportasi jelang Natal

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan (tengah) dan Kepala Dinas Kominfotik Chrisna Putra saat audiensi dengan LKBN ANTARA Biro Lampung beberapa waktu lalu (Foto: Antaralampung.com/Samino)

Walaupun bukan daerah yang terlalu signifikan dampak dari liburan Natal dan Tahun Baru, tetapi tetap kami ajukan untuk daerah harus ada posko dan pengamanan 24 jam selama Natal dan Tahun Baru 2019
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan peninjauan ke lapangan di Lampung untuk melihat persiapan layanan transportasi menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Dirjen sudah melihat, tetapi tidak ditemukan hal yang terlalu menonjol, karena di Lampung tidak terlalu signifikan kenaikan calon penumpang," ujar Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qodratul Ikhwan saat dihubungi melalui telepon di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, Dirjen Perhubungan Darat dan beberapa tim dari Kemenhub melihat sejumlah lokasi yang dinilai sangat berpotensi mengalami lonjakan seperti Terminal Rajabasa, jalan raya, dan Pelabuhan Bakauheni.

Selain itu, dari pantauan dan tinjauan yang dilakukan semua persiapan sudah sangat siap dan sudah dapat mengantisipasi jika terjadi kepadatan penumpang saat menyambut Natal dan Tahun Baru 2019.

Ia mengatakan walaupun Lampung tidak menjadi daerah yang? terlalu mengalami dampak yang signifikan akibat liburan Natal dan Tahun Baru 2019, tetap saja harus disiapkan semua baik dari pelayanan dan armada.

"Walaupun bukan daerah yang terlalu signifikan dampak dari liburan Natal dan Tahun Baru, tetapi tetap kami ajukan untuk daerah harus ada posko dan pengamanan 24 jam selama Natal dan Tahun Baru 2019," katanya.

Qodratul menjelaskan pada saat menyambut Natal dan Tahun Baru, jumlah kendaraan yang melintas lebih banyak dibandingkan hari biasanya, ini semua harus diwaspadai seperti pembukaan posko keamanan, kesehatan dan pengaduan, ini semua guna keselamatan di jalan raya.

Semua sektor harus sudah mempersiakan sejak dini untuk menyambut arus mudik Natal dan Tahun Baru. 

Ia mengharapkan libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, baik penerbangan udara, jalur kereta api, pelabuhan Bakauheni, dan angkutan bus, semua bisa melayani masyarakat yang ingin berpergian untuk merayakan bersama keluarga di kampung halaman masing-masing.