Mulai fase 16 besar Liga Champions memakai VAR

id Logo Liga Champions

Mulai fase 16 besar Liga Champions memakai VAR

Ilustrasi. Logo liga champions (istimewa)

Kami siap menggunakan VAR lebih awal dibanding rencana sebelumnya
Jakarta (Antaranews Lampung ) - Badan sepak bola Eropa, UEFA, secara resmi memutuskan pemakaian asisten wasit video (VAR) di Liga Champions mulai fase 16 besar yang akan digelar sejak Februari 2019.

Hal itu diputuskan dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Dublin, Republik Irlandia, pada Senin, demikian laman resmi UEFA.

Menurut UEFA penggunaan VAR diresmikan setelah mereka melakukan pengujian teknologi tersebut serta pelatihan bagi sejumlah wasit dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami siap menggunakan VAR lebih awal dibanding rencana sebelumnya dan kami yakin itu akan memberikan keuntungan pada kompetisi-kompetisi kami untuk membantu para wasit dan ofisial serta mengurangi keputusan-keputusan keliru," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Selain itu, UEFA juga menerapkan VAR pada partai final Liga Europa 2018-2019, putaran final UEFA Nations League dan turnamen Piala Eropa U-21 2019.

Selanjutnya, sebagaimana sudah diputuskan UEFA sejak September 2018 lalu, VAR dipakai juga di seluruh pertandingan Liga Champions 2019-2020 sejak fase playoff dan Piala Super Eropa 2019.

Rencana berikutnya, VAR juga akan dipakai dalam putaran final Piala Eropa 2020, Liga Europa musim 2020-2021 dan putaran final UEFA Nations League 2021.